Manfaat jaringan komputer bagi kehidupan manusia

Ridwan 14 December 2012 1


Manfaat jaringan komputer

Sebelum membahas tentang manfaat jaringan komputer, maka kita harus mengetahui dulu apa itu jaringan komputer. Secara teknis, jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang berjalan bersamaan dan saling terhubung satu sama lain melalui media tertentu. Media yang dipakai dalam koneksi antar komputer bisa kabel, bisa non kabel. Jika implementasi yang dilakukan tepat dan jaringan diberlakukan secara integral, maka akan tersedia kemampuan yang diluar mesin yang berdiri sendiri. Manfaat jaringan komputer itu bisa beraneka ragam, tergantung siapa yang menggunakan dan apa tujuannya.

Manfaat Jaringan Komputer

Jika hanya ada satu komputer dirumah, maka tidak akan bisa dibuat jaringan. Namun jika terdapat dua atau tiga komputer dalam satu tempat yang sama atau berbeda, membuat jaringan komputer itu wajib hukumya. Mengapa seperti itu? Karena dalam satu jaringan maka manfaat yang anda dapatkan dari komputer akan semakin besar. Atau pada kantor, jika tidak memiliki jaringan komputer, maka kantor tersebut akan kacau. Setiap pekerja yang ada di komputer tidak bisa serentak dalam melakukan pekerjaan dan ada kemungkinan data yang bocor karena disimpan di tempat yang terpisah-pisah.

Yang pasti dalam jaringan komputer, para pengguna dapat saling terhubung dan mendapatkan manfaat bersama. Dibawah ini adalah beberapa pemanfaatan jaringan komputer, diantaranya:

  • Jaringan dapat membantu dalam penanganan perangkat keras secara bersama. Misalnya satu printer yang dibagi untuk beberapa komputer karyawan di kantor. Ini adalah penghematan yang luar biasa. Setiap komputer yang ada di kantor dapat menggunakan printer tersebut. Bayangkan jika masing-masing komputer harus diberi printer, berapa biaya yang harus dikeluarkan? Belum lagi masalah perawatan. Merawat satu printer tentu lebih mudah dan murah daripada merawat beberapa printer. Bukan hanya printer saja yang bisa dibagi, namun juga drive/tempat penyimpanan, webcam, pembakar DVD dan masih banyak yang lainnya.
  • Memudahkan manajemen data dengan menempatkannya secara tersentral. Data penting dari setiap komputer pada dasarnya akan berada di satu komputer. Hal ini akan memudahkan pengelolaan data. Satu data yang dibuat akan tersedia di komputer manapun yang ada di jaringan. Jadi ucapkan selamat tinggal data yang hilang dan karyawan yang bermalasan karena komputer rusak. Mereka dapat mengerjakan tugas mereka di komputer manapun, meskipun bukan di meja pribadinya.
  • Berbagi internet dapat dilakukan dengan jaringan. Jaringan internet bisa dimanfaatkan secara bersama-sama asalkan bandwidth yang dimiliki cukup. Dengan jaringan komputer, maka anda atau bos anda hanya perlu berlangganan satu koneksi internet saja yang dapat digunakan oleh semua komputer yang terhubung dalam jaringan. Disamping itu jaringan dapat digunakan untuk memblokir situs-situs tertentu yang tidak diperbolehkan diakses.
  • Berbagi file menjadi lebih mudah antar komputer tanpa harus melakukannya secara fisik menggunakan media flash drive atau CD/DVD. Anda bisa berbagi file musik, gambar, video atau apa saja dengan semua komputer yang terhubung dengan jaringan anda. Anda juga dapat menggunakannya sebagai backup jika seandainya komputer anda suatu saat terjadi masalah, maka data anda tidak hilang karena masih ada salinannya di komputer lain dalam jaringan anda.
  • Penggunaan untuk game multi player. Game populer yang ada di dunia pasti support multi player. Multi player adalah suatu game dimana pemainnya bisa lebih dari satu. Asalkan tergabung dalam sebuah jaringan, membuka game yang sama, maka bisa bergabung dalam satu permainan yang sama. Keuntungannya adalah anda semua yang bermain game ada di komputer sendiri-sendiri sehingga layarnya tidak terbagi-bagi.

  • Layanan telepon melalui jaringan atau VoIP (Voice over IP). Layanan ini dapat membuat anda saling berkomunikasi dengan teman anda dalam satu jaringan mirip seperti telepon, tapi tidak dikenakan pulsa. Selain itu anda juga dapat melakukan panggilan melalui internet dengan biaya yang rendah.
  • Hiburan dalam rumah anda dapat ditingkatkan dengan adanya perekam video digital yang tergabung dalam jaringan. Anda dapat menonton film yang sama dengan televisi yang berbeda. Atau mungkin anda bisa mencoba berbagai macam fitur canggih dari konsole game yang terhubung ke jaringan. Semua bisa anda dapatkan jika ada jaringan komputer di rumah anda.
  • Keamanan dapat dijamin karena data yang penting diletakkan secara tersentral dan dilindungi dengan sistem proteksi identitas atau password. File yang tersentral ini juga dapat dibuat salinannya setiap beberapa waktu untuk memastikan data yang ada tetap utuh, tidak hilang atau cacat. Selain itu antivirus lebih mudah mendeteksi jika ada virus karena data yang terletak pada satu tempat saja.
  • Anda juga dapat menggunakan sistem komputasi workgroup dimana hal ini memungkinkan banyak pengguna untuk berkontribusi pada satu dokumen secara bersamaan. Hal ini memungkinkan kerjasama tim secara interaktif meskipun terpisah oleh jarak.

Demikian adalah semua manfaat jaringan komputer yang bisa anda nikmati. Mungkin diantara anda dapat menemukan manfaat untuk anda sendiri. Namun yang perlu anda perhatikan adalah perlunya membuat jaringan yang baik. Jika menggunakan kabel, maka tatalah kabel jaringan dengan baik, jangan sampai mengganggu orang yang lalu lalang. Jika anda tidak mahir dalam pengkabelan, maka penggunaan jaringan nirkabel sangat disarankan. Selain rapi karena tidak adanya kabel, perangkat

 

One Comment »

  1. EghyR01 30 January 2013 at 2:30 pm -

    Terima Kasih Pak Atas infonya ..
    artikel yang sangat bagus ..

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.