Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial

Ridwan 18 July 2012 0


Seperti dibahas dalam artikel sebelumnya, interaksi sosial adalah kontak atau hubungan antara satu individu dengan individu lain, antara individu dengan kelompok dan antara kelompok dengan kelompok lainnya. Manusia secara naluriah dibekali dengan kemampuan dan keinginan untuk berinteraksi dengan manusia lain. Hal ini dibuktikan dengan ketidakmampuan manusia memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa interaksi dengan orang lain. Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya kontak sosial dan komunikasi. Berikut adalah penjelasan yang lebih detail tentang hal ini. jenis interaksi sosial

Kontak sosial berasal dari bahasa latin cum atau com yang berarti bersama-sama dan tangere yang berarti menyentuh. Secara harafiah, kontak dapat diartikan sebagai bersama-sama menyentuh atau saling menyentuh. Dalam sudut pandang sosiologis, kontak dapat dilakukan tanpa mengadakan hubungan yang bersifat fisik dari masing-masing pihak. Hal ini seperti mengirim surat dan mendapatkan balasan, email, sms dan lain sebagainya. Jadi kontak sosial adalah aksi individu atau kelompok dalam bentuk isyarat yang memiliki makna bagi si pelaku dan penerima, sehingga si penerima membalas perilaku tersebut sebagai reaksi.

Kontak sosial dibedakan berdasarkan cara, sifat, bentuk dan tingkat hubungannya. Kontak berdasarkan cara yaitu kontak langsung dan tak langsung. Berdasarkan sifat, kontak dibagi menjadi tiga yakni antar individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Berdasarkan bentuknya, ada kontak positif dan negatif, sedangkan berdasarkan tingkat hubungan kita mengenal kontak primer dan kontak sekunder. Seperti sudah dibahas dalam artikel sebelumnya bahwa kontak sosial tidak selalu terjadi ketika masing-masing pihak bertemu secara langsung saja, namun ketika salah satu pihak sadar akan keberadaan satu sama lain, itu sudah terjadi kontak sosial.

Syarat yang kedua adalah komunikasi. Komunikasi dapat diartikan sebagai tindakan seseorang menyampaikan pesan yang ditujukan kepada orang lain dan orang lain itu memberikan penafsiran terhadap sinyal tersebut dan mewujudkannya dalam perilaku dan sebagai reaksi balasan. Komunikasi ini diperlukan dalam setiap kehidupan sosial. Pembicaraan yang melibatkan gerakan fisik ataupun perasaan adalah salah satu cara mewujudkan komunikasi. Empat unsur komunikasi yang harus dipenuhi adalah pengirim, penerima, pesan dan umpan balik. Pemahaman makna yang benar dalam setiap pesan yang dikirimkan dalam komunikasi sangat penting artinya bagi setiap individu.

Demikian adalah syarat-syarat terjadinya interksi sosial. Pemahaman yang baik akan materi ini dapat memudahkan seseorang hidup di dalam masyarakat. (iwan)

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.