Beberapa jenis virus yang menyerang manusia

Ridwan 24 August 2012 2


Kita sudah pernah membahas tentang virus. Virus adalah makhluk hidup yang bersifat patogen dimana ukurannya jauh lebih kecil daripada bakteri. Virus berkembang biak dengan masuk ke dalam sel dan melakukan replikasi atau penggandaan di dalam sel sehingga sulit dideteksi sebagai benda asing oleh imunitas tubuh. Berikut adalah beberapa jenis virus yang menyerang tubuh manusia.

Virus penyebab influenza

Virus penyebab influensa ada tiga jenis, yakni A, B dan C. Dari beberapa jenis virus influensa ini yang paling berbahaya adalah varian C karena dapat menjangkiti hewan mamalia dan manusia. Pada manusia, influenza dapat menyerang bayi hingga orang dewasa. Gejala awalnya adalah kondisi badan yang tidak enak, lemas, nafsu makan menurun dan keluar cairan dari hidung. Jika sudah parah, cairan ini mengental dan menyumbat pernafasan anda. Kadangkala gejala flu disertai demam, diare dan nyeri pada seluruh badan. Flu pada umumnya bisa sembuh tanpa diberi obat, namun jika demam yang terjadi sangat tinggi maka harus segera diperiksakan ke dokter.

virus

Virus penyebab penyakit demam berdarah

Demam bedarah adalah nama lain dari Dengue Haemorrhagic Fever atau DHV. Penyebab penyakit ini adalah virus Dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albophictus betina. Kedua jenis nyamuk ini bersarang dan bertelur dalam genangan air bersih dan menggigit korban pada siang hari. Penyakit ini ditandai dengan suhu badan yang naik pada 2-7 hari, terkadang disertai dengan bintik merah pada kulit, pendarahan pada gusi, hidung dan muntah-muntah. Yang paling berbahaya adalah terjadinya shock dan penurunan tingkat kesadaran. Orang yang menderita demam berdarah harus dirawat di rumah sakit.

Virus penyebab penyakit campak

Campak disebut juga tampek, morbili atau measles. Penyakit ini umumnya menyerang pada anak-anak. Anak-anak yang terkena campak akan mengalami bercak merah pada kulit. Pada awalnya bercak ini muncul pada permukaan kulit teinga atau muka, lalu menyusul pada badan, lengan atas lalu menyebar ke seluruh tubuh. Penyakit ini disertai pula dengan panas yang tinggi, peradangan paru-paru dan diare. Bercak-bercak ini akan menghilang setelah empat hari dan meninggalkan bekas kehitaman dan bersisik. Penyakit ini dapat dicegah dengan imunisasi dini dan menghindari kontak dengan penderita campak.

Virus penyebab penyakit cacar air

Di masa lalu, penyakit cacar ini adalah penyakit yang mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes varisella. Gejala cacar ditandai dengan kelainan pada kulit dimana terdapat gelembung yang berisi cairan. Timbulnya gelembung pada kulit ini disertai dengan demam ringan hingga tinggi. Orang yang terjangkit penyakit ini seharusnya tetap mandi karena dapat menghilangkan virus yang ada di kulit dan tidak menularkannya pada orang lain. Pencegahan penyakit ini adalah menghindari kontak dengan penderita cacar, menjaga kebersihan tubuh dan imunisasi sejak dini.

Virus yang sangat berbahaya bagi manusia

Setelah kita membahas beberapa jenis virus yang menyerang tubuh manusia namun tidak terlalu berbahaya, maka pada bagian kedua ini kita akan membahas virus penyebab penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Virus-virus ini umumnya dapat menyebabkan kematian.

Virus penyebab penyakit hepatitis A

Penyakit hepatitis A adalah penyakit akibat virus hepar jenis A. Penyakit ini umumnya menular melalui makanan dan air yang terkontaminasi oleh penderita hepatitis. Gejala penyakit ini adalah kulit dan mata menjadi kuning, urine menjadi sangat pekat dan biasanya disertai dengan sakit ringan dan suhu panas tinggi pada tubuh. Penyakit ini terjadi akibat virus yang merusak sel hati dan empedu. Penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi hepatitis fulmunan dengan angka kematian yang tinggi. Pencegahan penyakit ini adalah imunisasi dan menghindari makanan dan minuman yang tidak jelas asal usulnya.

Virus penyebab penyakit hepatitis C

Virus ini adalah virus hepar tipe C, dimana virus ini sama seperti virus hepar lainnya yakni menyerang hati. Virus hepatitis C akan masuk ke sel hati melalui berbagai cara dan mengganggu aktivitas hati yang normal dan menggunakan sel hati untuk menduplikasikan dirinya dan menyerang sel lain yang masih sehat. Virus hepatitis C ini dapat merusak hati dan menyebabkan penderitanya terkena kanker hati atau sirosis hati. Penyakit ini jarang terdeteksi jika belum parah. Oleh karena itu sering menyebabkan kematian. Satu-satunya solusi bagi orang yang terlanjur terkena penyakit ini adalah ganti hati atau transplantasi hati, seperti yang dilakukan oleh bapak Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

Virus penyebab penyakit AIDS

AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrom. Penyebab penyakit ini adalah virus HIV yang merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia. Jika virus lain langsung menyerang pada organ-organ tertentu sehingga bisa diberantas oleh sistem imunitas, maka HIV menyerang bagian yang paling vital dari pertahanan tubuh, yakni sistem imunitas kita sendiri. Sistem imunitas kita disusupi dan dijadikan tempat berkembang biak. Penyakit AIDS tidak membunuh manusia, namun penyakit lain yang melakukannya. Penyakit lain akan mudah masuk ke dalam tubuh manusia. Flu yang ringan bagi orang tanpa HIV dapat menjadi mematikan jika diderita oleh orang dengan HIV.

Virus ini memiliki masa inkubasi selama 5-7 tahun, sehingga ketika seseorang terserang virus ini, maka tidak dapat dilihat akibatnya dalam waktu singkat. Yang jelas lama kelamaan tubuh orang tersebut akan semakin kurus dan rentan terhadap penyakit. Penyebaran virus ini adalah melalui kontak dengan cairan tubuh seperti air liur, darah dan cairan kemaluan. Sehingga kegiatan seperti transfusi darah, penggunaan jarum suntik yang tidak steril dan hubungan seksual berganti pasangan memiliki resiko penularan HIV.

Demikian adalah virus lain yang menyerang tubuh manusia dan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu waspada diri dan keluarga dari ancaman hal berbahaya ini. (iwan)

 

2 Comments »

  1. Hana 11 November 2012 at 5:24 pm -

    Klo bisa lebih detail lagi ya!
    Tapi makasih infonya, pik!

  2. Lilis 11 December 2012 at 4:43 pm -

    Cari info lain lagi dong…tentang virus atau bakteri yg bisa berkembang biak ditubuh manusia lengkap dengan ciri-ciri dan cara mengatasinya….

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.