Jenis-jenis penyakit kulit

Ridwan 23 August 2012 0


Penyakit Kulit

Di dunia ini ada banyak jenis penyakit kulit, umumnya disebabkan oleh mikroba kecil yang tak kasat mata yang jumlah ada milyaran di sekitar kita. Mikroba-mikroba ini dapat mengganggu metabolisme tubuh kita atau menyebabkan sakit. Meskipun tak semua mikroba itu buruk dan menyebabkan sakit, namun jumlahnya yang menyebabkan sakit lebih banyak. Diantara mikroba tersebut, ada yang menyebabkan penyakit kulit. Penyakit kulit tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Jenis penyakit kuliat #1: Panu

Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang tumbuh pada kulit manusia. Jamur ini sangat kecil dan akan tumbuh membentuk bercak putih yang menyebabkan gatal. Penyakit ini membuat kita tidak nyaman karena umumnya menyerang pada daerah yang sulit digaruk, yakni punggung. Jika sudah banyak, maka akan terbentuk bercak putih yang besar dan terlihat seperti pulau. Apalagi yang kulitnya tidak berwarna putih maka akan terlihat dengan jelas sekali. Penyakit ini umumnya muncul akibat kurangnya kebersihan diri. Seringkali meletakkan cucian kotor sembarangan dan jarang menjemur handuk. Namun tidak semua disebabkan kebiasaan tersebut. ada juga yang kebiasaan bersih cukup bagus namun tetap terjangkit penyakit panu. Biasanya ini adalah masalah hormonal yang menyebabkan penyakit ini muncul pada kulit kita.  penyakit kulit

Pengobatan panu tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Obatnya berupa salep yang dioleskan pada bagian yang terkena panu. Masa penyembuhan yang ada umumnya bisa satu hingga dua minggu. Dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam menyembuhkan penyakit ini. Salep harus digunakan dua kali sehari, masing-masing setelah mandi. Untuk panu kambuhan atau yang hilang lalu datang lagi, anda perlu berkonsultasi kepada dokter kulit untuk mendapatkan obat yang pas untuk membasmi panu itu selamanya dari kulit anda.

Jenis penyakit kulit #2: Kutu air

Penyakit kutu air adalah salah satu jenis penyakit kulit yang memiliki kecenderungan menyerang kaki, terutama sela jari. Awalnya akan muncul rasa gatal pada kulit yang terlihat, seperti pecah dan penuh gelembung air. Jenis penyakit ini membuat kaki tidak nyaman, membuat kita sering tergelitik untuk menggaruk kaki. Kutu air adalah penyakit yang disebabkan oleh kutu. Kutu ini hidup di daerah lembab. Jika kaki sering bersinggungan dengan air, terutama air kotor, maka kutu ini akan mudah menjangkiti anda.

Kutu air sendiri bukan penyakit yang menggemparkan dan berbahaya. Banyak obat yang dapat anda temukan di apotek dan dijual bebas tanpa resep dokter untuk penyakit kutu air ini. Umumnya, obat panu adalah obat kutu air juga. Namun yang menyebabkan penyakit ini menggemaskan adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk sembuh. Selama penyakit ini menjangkiti kita, hindari air kotor dan selalu keringkan kaki jika terkena air.

Jenis penyakit kulit #3: Ketombe

Tidak banyak yang tahu bahwa ketombe sebenarnya adalah penyakit kulit. Namun ketombe menyerang kulit kepala. Penyebab utama dari ketombe adalah kebersihan kulit kepala yang kurang baik dan kelembaban yang kurang atau hilang, dimana keduanya dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan kulit kepala mengelupas. Orang yang terserang penyakit ketombe muncul “hujan salju” di sekitar pundaknya yang merupakan kulit mati yang rontok dari kepala. Hal ini tidak menyebabkan sakit, namun dapat merasakan gatal atau perasaan tidak nyaman pada kepala. Ketombe juga bisa muncul karena ketidakcocokan terhadap satu jenis shampo.

Efek paling buruk pada ketombe “hanya” gatal di kepala. Namun dapat juga mengakibatkan rendahnya kepercayaan diri karena adanya “hujan salju” di pundak ini. Cara terbaik untuk mencegah ketombe antara lain:

  • Jangan berganti-ganti shampo karena masalah merek. Kalau kulit anda cukup kuat, maka tak jadi masalah. Jika kulit kepala anda sensitif maka akan timbul ketombe.
  • Jangan keramas hanya satu minggu sekali. Setidaknya keramas dilakukan dua hari sekali. Keramas lebih dari tiga hari sekali dapat menyebabkan ketombe menjangkiti kepala anda. Ketombe tidak hanya disebabkan kulit kepala yang kering namun juga karena jamur dan bakteri. Anda pasti ingat jika kedua mikroorganisme itu suka dengan daerah yang tidak bersih.

Jika ketombe tidak hilang setelah pemakaian obat dan shampo anti ketombe, anda bisa melakukan terapi khusus dengan membotaki kepala anda dan melakukan pengobatan lebih intensif. Namun jika hal ini tidak berhasil atau anda enggan melakukannya, anda bisa berkonsultasi ke dokter.

Jenis penyakit kulit #4: Jerawat

Jerawat juga dapat dikategorikan penyakit kulit. Hal ini disebabkan jerawat memang menyerang kulit, yakni spesifik kulit muka. Namun ada juga beberapa kasus dimana jerawat menyerang kulit punggung, meskipun ini jarang terjadi. Penyebab jerawat tentu saja bermacam-macam, mulai dari makanan, kurangnya keberishan dan minyak yang berlebih di bawah kulit. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit karena kulit yang meradang. Peradangan ini disebabkan oleh bakteri yang ada di pori-pori dan tidak dibersihkan dengan baik. Jerawat lebih mudah menyerang orang yang memiliki kulit berminyak. Hal ini disebabkan bakteri lebih mudah tumbuh pada kulit yang berminyak, apalagi jika tidak dijaga kebersihannya. Cara mencegah jerawat adalah:

  • Bersihkan wajah dengan baik sebelum tidur dan sesudah bepergian, terutama wanita yang menggunakan make up, pastikan membersihkan wajah secepatnya sesudah make up tidak diperlukan lagi.
  • Jangan sering-sering ganti merek kosmetik karena akan menimbulkan residu pada pori-pori kulit yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Gunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda karena seringkali kulit cukup sensitif terhadap kosmetik yang dibuat tidak cocok sesuai jenis kulit anda.

Wajah dapat menjadi sarang kuman jika tidak sering dibersihkan. Jika jerawat terlanjur muncul, maka yang perlu anda lakukan adalah membersihkan wajah sesering mungkin. Jangan pencet jerawat karena akan bisa menyebabkan peradangan makin parah. Lebih baik anda menyerahkan pada ahlinya, yakni dokter kulit untuk masalah jerawat ini.

Demikian adalah beberapa jenis penyakit kulit yang sebaiknya anda kenali. Semua penyakit ini diakibatkan oleh kebersihan yang kurang. Oleh karena itu menjaga kebersihan adalah hal yang mutlak diperlukan untuk menghindari penyakit-penyakit ini. (iwan)

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.