Pengertian bandwidth

Ridwan 15 August 2012 0


bandwidth

Untuk anda yang akrab dengan dunia internet pasti pernah mendengar yang namanya “bandwidth”. Bandwidth secara harfiah berasal dari band atau pita dan width atau lebar/panjang. Namun secara teknis, pengertian bandwidth adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah informasi yang dapat dikirim melalui suatu media komunikasi dalam satu satuan waktu. Bandwidth biasanya menggunakan hitungan bit per detik (bps), kilobit per detik (kbps) dan seterusnya. Bandwidth itu diukur dalam satuan yang kotor, maksudnya adalah jumlah data yang ditransfer dalam satu periode waktu tanpa mempertimbangkan kualitas sinyal itu sendiri.

Salah kaprah bandwidth dalam dunia hosting

Bandwidth juga akrab dalam dunia hosting dikarenakan perusahaan hosting menggunakan istilah ini sebagai ukuran jumlah data yang boleh ditransfer oleh pengguna dalam satu bulan. Padahal istilah ini tidaklah sepenuhnya benar. Yang benar pada industri hosting ini adalah data transfer. Namun pengertian bandwidth oleh penyedia webhosting ini sudah diakui dan diterima masyarakat luas, meskipun sebenarnya adalah salah kaprah. Pengertian bandwidth juga merupakan kemampuan maksimal suatu perangkat untuk menyalurkan informasi dalam satuan detik. Dikenal sebagai perbedaan antara batas teratas dan terbawah suatu frekuensi yang dipancarkan oleh perangkat dalam satu kanal komunikasi. Satuan hertz digunakan dalam sirkuit analog sedangkan satu detik digunakan dalam digital.

Apakah bandiwidhth sama dengan kecepatan?

Banyak dari kita yang memahami bahwa bandwidth dan kecepatan adalah hal yang sama. Padahal kedua hal itu berbeda. Penjelasan paling mudah adalah sebagai berikut:

  • Informasi dialirkan melalui berbagai media, katakanlah kabel sebagai media. Maka dengan ini kita dapat mengasumsikan bahwa kabel tersebut adalah pipa tempat informasi tersebut “dialirkan”.
  • Bandwidth disini adalah kemampuan maksimal pipa untuk mengalirkan data dalam waktu satu detik. Sedangkan kecepatan transfer data adalah jarak yang ditempuh dalam satu satuan waktu. Semakin lebar bandwidth, maka semakin besar data yang dilewatkan.

Jika masih bingung dengan pengertian bandwidth, mungkin anda bisa menganalogikan bandwidth sebagai jalan raya dan informasi yang ditransfer adalah kendaraan yang ada di dalamnya. Semakin besar jalan raya, tentu dapat dilewati lebih banyak kendaraan dalam waktu yang bersama-sama. Jika jalannya lebar akan membuat jarak antar kendaraan menjadi lebar dan jalan menjadi lega. Oleh karena itu dengan bandwidth yang besar, kita dapat mengakses internet dengan cepat. Kita perlu mengetahui besarnya bandwidth yang dimiliki oleh sebuah ISP (Internet Service Provider) untuk mengetahui kemampuan ISP dalam mentransfer data. Itulah pengertian bandwidth secara sederhana.

Bandwidth adalah “jatah” kita

Bandwidth juga dapat diartikan jatah yang bisa kita terima dalam satu-satuan waktu. Misalnya kita langganan kepada ISP dijanjikan bandwidth sebesar 1Mbps. Maka dalam satu detik, data yang dapat kita ambil dari internet adalah sebesar 1 megabit saja. Mungkin bisa kurang namun tidak bisa lebih. Dalam hal kurang ini karena disebabkan banyak hal, salah satunya adalah karena kualitas sinyal kurang baik yang mengakibatkan data menjadi rusak dan harus dikirim kembali dari sumbernya. (iwan)

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.