Pengertian jaringan nirkabel serta gangguan yang ada

Ridwan 12 August 2012 0


pengertian jaringan nirkabel

Pengertian jaringan nirkabel atau wireless adalah salah satu media atau sistem transmisi data yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Data digital yang dikirim lewat jaringan akan dimodulasi menjadi gelombang radio yang berupa gelombang elektromagnetik. Teknologi wireless sangat mudah diterapkan dan cocok untuk daerah pedalaman dimana densitas penduduk masih rendah dan terpisah-pisah dalam jarak yang cukup jauh. Hal ini akan memakan biaya besar jika membangun fasilitas kabel, maka jaringan wireless adalah solusinya. Kemampuan menjangkau geografis wilayah yang sangat luas dalam satu kali pembangunan merupakan keuntungan jaringan wireless.

Pada umumnya jaringan nirkabel menggunakan protokol Wi-Fi (Wireless Fidelity). WiFi ini adalah standar yang disebutkan oleh WiFi Alliance untuk memaparkan sistem produk jaringan nirkabel untuk penggunaan pada area lokal (WLAN) dengan sistem standar Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE) bernomor 802.11 dengan varian A, B, G dan N. Masing-masing hanya dibedakan pada penggunaan frekuensi dan sistem modulasinya yang memberikan kecepatan yang berbeda. Jaringan nirkabel memiliki dua mode yang dapat digunakan, yakni infrastruktur dan ad-hoc. Sistem infrastruktur adalah suatu sistem jaringan nirkabel yang menggunakan satu pihak sebagai pusat atau access point. Sedangkan sistem ad-hoc memungkinkan masing-masing komputer terhubung langsung satu sama lain tanpa melalui access point.

Kendala atau gangguan dalam nirkabel

Sistem nirkabel menggunakan gelombang radio bersifat elektromagnetik yang tentu saja rawan akan gangguan. Gangguan yang ada dalam jaringan nirkabel antara lain:

  • Intermittence adalah adanya penghalang berupa benda antara pengirim dan penerima sehingga sinyal yang dilewatkan akan terhalang dan putus-putus. Para ilmuwan di bidang ini telah mencoba meminimalisir dampak ini dengan menggunakan sistem modulasi yang berbeda-beda. Untuk teknologi nirkabel saat ini, penghalang benda sudah bisa diatasi, kecuali beton setelah 50 cm di dalam basemen suatu gedung.
  • Multipath adalah propagasi radio yang diterima oleh suatu alat penerima mengalami penggandaan karena terpantul dan melalui banyak jalur. Hal ini membuat modulator kebingungan menerjemahkan sinyal. Namun saat ini problem tersebut sudah teratasi, terutama setelah keluarnya standar IEEE 802.11n menggunakan sistem dual antena.
  • Sinyal teredam oleh obstacle. Penyebab utamanya adalah air. Air adalah musuh dari gelombang elektromagnetik. Air bisa dalam bentuk hujan atau kabut. Kandungan air ini dapat membuat gelombang teredam atau memantul ke segala arah sehingga kekuatan pancaran menjadi sangat lemah. Hal ini biasanya dialami pada jaringan wireless yang berjarak cukup jauh.

Wireless mempunyai sifat broadcast dikarenakan pola radiasinya dapat memancar ke segala arah. Inilah yang menyebabkan semua terminal dapat menerima sinyal dari pengirim. Namun hal ini membuat keamanannya menjadi rentan terhadap penyadapan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan sistem enkripsi dalam transmisi datanya.

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.