Cara menambah berat badan

Ridwan 10 August 2012 0


Cara menambah berat badan

Memiliki badan yang terlalu kurus tentu saja tidak bagus. Definisi kurus adalah berat badan yang berada di bawah berat badan ideal. Kurus adalah kebalikan dari kegemukan atau obesitas. Bagaimanapun namanya terlalu itu tidak baik, apakah itu terlalu kurus atau terlalu gemuk. Badan yang terlalu kurus tidak hanya berdampak pada penampilan, namun juga bisa berdampak pada kesehatan. Banyak orang yang merasa terlalu kurus dan kemudian dengan sadar mencari suplemen yang dapat meningkatkan berat badan, namun ada juga yang tidak peduli dengan keadaannya.

Cara menambah berat badan secara alami

Anda yang memiliki badan kurus dan menginginkan badan gemuk yang segar bisa mendapatkan manfaat dari suplemen penambah berat badan di pasaran. Banyak macam bentuknya, disesuaikan dengan apa yang anda suka. Bisa berbentuk pil, makanan saji atau susu. Namun semua itu belum tentu cocok. Ada yang mengatakan bahwa suplemen itu kurang efektif karena hanya menaikkan berat badan di bagian tertentu saja. Seperti misalnya pada pipi yang membuat tembem dan seperti terlalu banyak tidur. Sebenarnya menambah berat badan dapat dilakukan secara alami dimana hal ini akan menghasilkan badan gemuk yang sehat serta bugar, cara ini antara lain:

  • Mengatur pola makan yang seimbang dan memenuhi zat-zat yang dibutuhkan tubuh manusia berupa protein, vitamin, mineral, karbohidrat, air dan zat-zat yang lain.
  • Mengatur jam tidur supaya cukup tidur malam, tidak banyak bergadang.
  • Banyak minum air putih sepanjang hari dan sebelum tidur.
  • Memilih kudapan sehat yang terbukti dapat membantu berat badan seperti pepaya dan olahan pisang.
  • Hindari minuman yang mengandung kafein tinggi, beralkohol dan berhenti merokok.
  • Melakukan olahraga yang membantu membentuk massa otot.

Mengetahui penyebab badan kurus

Jika memiliki badan yang kurus, maka kita harus memeriksanya dengan baik karena badan yang kurus pasti ada penyebabnya. Kurus bisa karena faktor keturunan, kurang gizi atau masalah penyakit. Anda harus tahu yang mana yang menyerang anda. Jika sudah mengetahui sebabnya, maka akan lebih mudah merencanakan program untuk menjadi gemuk dengan melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pola makan dan gaya hidup.

Suplemen alami meningkatkan berat badan

Selain suplemen yang dijual di apotik dan toko-toko, kita dapat menggunakan suplemen alami untuk menaikkan berat badan. Karena ini adalah alami, tentu saja tidak ada efek samping yang akan timbul. Contoh suplemen alami ini antara lain:

  • Susu alami yang terbuat dari beras yang direbus, air rebusan tersebut dapat kita minum karena mengandung cukup banyak protein. Orang Jawa bilang, air tajin.
  • Air rebusan kacang hijau tanpa santan dapat anda minum disertai dengan makan buah pepaya.
  • Setelah olahraga ringan pada sore hari, anda bisa makan makanan olahan pisang.

Suplemen diatas adalah penambah nutrisi. Anda harus makan seperti biasa dengan memperhatikan kaidah empat sehat lima sempurna. Menggunakan suplemen alami ini memang tidak akan menaikkan berat badan anda secara cepat. Namun ini lebih aman daripada menggunakan suplemen yang belum tentu baik bagi tubuh anda, terutama jantung. (iwan)

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.