Mengenal pengertian dan jenis interaksi sosial

Ridwan 16 July 2012 2


pengertian interaksi sosial

Manusia adalah makhluk yang akan selalu membutuhkan sesamanya selama ia hidup. Manusia akan hidup dalam satu kelompok atau masyarakat selama hayatnya. Setiap manusia tidak akan mampu hidup sendiri tanpa berhubungan atau bekerjasama dengan manusia lainnya. Hal ini dikarenakan manusia memiliki keterbatasan dan memiliki naluri berhubungan dengan orang lain sejak ia lahir. Manusia memiliki kebutuhan hidup dan kebutuhan itu hanya dapat dipenuhi jika manusia berinteraksi dengan manusia lainnya. Hubungan timbal balik antara manusia inilah yang disebut interaksi sosial.

Pengertian Interaksi Sosial

Kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respon antar individu, antar kelompok, atau antara individu dan kelompok disebut sebagai interaksi sosial (Maryati & Suryawati, 2003). Ada juga pendapat lain tentang pengertian interaksi sosial, yang menyatakan bahwa interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur (Murdiyatmo & Handayani 2004).

Dari definisi diatas, maka kita dapat melihat bahwa interaksi sosial selalu melibatkan dua orang atau lebih. Jenis interaksi dalam kehidupan sosial ada tiga macam, yakni antara individu dengan individu, antara individu dan kelompok dan kelompok dengan kelompok (Maryati dan Suryawati, 2003) yang bisa dijelaskan seperti ini:

Jenis interaksi sosial

- Interaksi individu dengan individu
Interaksi yang melibatkan dua orang individu ketika terjadi sebuah pertemuan, meskipun tidak melakukan kegiatan apapun. Interaksi sosial pada hakikatnya telah terjadi apabila masing-masing pihak menyadari akan adanya pihak lain yang menyebabkan perubahan dalam diri tiap individu. Seperti misalnya aroma minyak wangi, bunyi sepatu, atau hal lainnya yang mengundang reaksi orang lain. Interaksi yang terjadi tidak harus selalu konkret dalam bentuk percakapan atau komunikasi langsung.

jenis interaksi sosial

- Interaksi individu dan kelompok
Interaksi yang melibatkan satu individu dan sekelompok individu yang didorong oleh kepentingan kedua belah pihak. Bentuk interaksi yang terjadi bisa berbeda menyesuaikan situasi dan kondisi. Contoh yang paling mudah adalah ketika seorang guru berhadapan dengan para muridnya di kelas.

- Interaksi antara kelompok dengan kelompok.
Interaksi yang terjadi melibatkan individu sebagai satu kesatuan dalam kelompok dengan kelompok yang lan. Kepentingan satu individu tidak lagi penting, namun kepentingan bersama itu yang mendominasi. Sebagai contoh adalah interaksi dalam permainan sepakbola antara dua kelompok tim yang berbeda. Tiap individu bermain demi kepentingan timnya, bukan kepentingan dirinya sendiri.

Ketiga hal diatas masih dibagi lagi menjadi dua jenis interaksi berdasarkan implikasi yang terjadi, yakni positif dan negatif. Interaksi negatif terjadi ketika interaksi antara kedua belah pihak terjadi dalam lingkup yang negatif yang berakibat pada permusuhan dan saling menjatuhkan satu sama lain. Sedangkan interaksi yang positif adalah interaksi yang dipenuhi dengan lingkup yang positif dan bersifat membangun serta menguatkan satu sama lain.

Itulah penjelasan mengenai pengertian interaksi sosial serta jenis jenisnya, semoga dapat kamu pahami dan bisa menambah ilmu pengetahuan kamu. (iwan)

 

2 Comments »

  1. faruq 29 October 2012 at 11:06 am -

    mantap

    • faruq 29 October 2012 at 11:07 am -

      keren kali dang mantap kali tuh

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.