Pengertian Musyawarah dan komunikasinya

Ridwan 4 August 2012 1


 pengertian musyawarahPengertian Musyawarah

Pengertian Musyawarah adalah suatu sistem pengambilan keputusan yang melibatkan banyak orang dengan mengakomodasi semua kepentingan sehingga tercipta satu keputusan yang disepakati bersama dan dapat dijalankan oleh seluruh peserta yang mengikuti musyawarah. Musyawarah menjadi salah satu budaya Indonesia yang harus tetap dilaksanakan dan dikembangkan oleh masyarakat. Teknologi dapat menjadi salah satu sarana positif bagi masyarakat untuk mengembangkan musyawarah. Setiap orang harus saling menhghargai dan menghormati pendapat orang lain ketika musyawarah dijalankan. Pelaksanaan cara ini memiliki tujuan untuk memperoleh kesepakatan supaya keputusan dapat diterima dan dijalankan dengan rasa tanggung jawab untuk semua yang mengikatnya.

Asal kata Musyawarah

Syawara merupakan asal kata musyawarah. Syawara berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti ‘melakukan perundingan atau menyampaikan sesuatu’. Sesuatu yang dimaksud adalah pendapat. Dari asal kata ini kita dapat menyimpulkan bahwa musyawarah memiliki arti sebagai suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk mencapai tujuan mufakat dalam memecahkan persoalan (mencari solusi paling baik) melalui keputusan yang telah disepakati bersama-sama.

Arti kata tersebut menunjukkan bahwa musyawarah juga berkaitan dengan bagaimana mereka saling berkomunikasi satu sama lain. Cara untuk memecahkan masalah sehingga menemukan solusi yang paling baik ini akan berjalan lancar dan sesuai harapan semua orang jika cara berkomunikasi antarorang di dalamnya juga baik. Jika cara penyampaian pendapat kurang atau bahkan tidak tepat, dimungkinkan timbul banyak asumsi yang tidak sesuai harapan si penyampai pendapat tersebut.

Musyawarah dapat digunakan untuk mendapatkan solusi untuk menghadapi berbagai masalah dalam hidup bermasyarakat. Masalah tersebut meliputi ekonomi, pendidikan, sosial dan kemasyarakatan. Setiap peserta musyawarah memiliki hak yang sama dalam mengutarakan pendapat dan memiliki kewajiban yang sama untuk menjalankan hasil keputusan musyawarah, sehingga terdapat persamaan hak antara semua peserta musyawarah, tidak perduli apapun jabatannya. Musyawarah juga tidak membedakan status sosial.

Yang harus diperhatikan dalam musyawarah adalah usulan atau pendapat dari seseorang, bukan siapa orangnya. Sehingga semua peserta memiliki peran aktif, hak dan kewajiban yang sama dalam pelaksanaan musyawarah. Komunikasi yang tidak sesuai dengan harapan semua peserta di dalam pelaksanaan musyawarh hanya mengakibatkan terganggunya pelaksanaan meraih kata sepakat untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi.

Untuk menghindari adanya komunikasi yang tidak sesuai dengan harapan atau sulit dipahami bahkan dapat memunculkan kebingungan peserta di dalamnya, sebaiknya bagaimana cara berkomunikasi dengan benar ketika menyampaikan pendapat atau gagasan juga penting dipelajari kemudian dilakukan di dalamnya. Sebelum musyawarah dilakukan, sebaiknya ketua atau moderator memberikan preview tentang tata cara mengemukakan pendapat yang baik dan benar sehingga dapat dipahami dengan baik oleh peserta. Yang paling penting dalam musyawarah bukan berkompetisi tentang siapa yang memiliki ide terbaik, namun ide apa yang terbaik bagi permasalahan bersama. (iwan)

 

 

One Comment »

    Leave A Response »

    You must be logged in to post a comment.