Tips mencegah penyakit masuk angin

Ridwan 2 August 2012 0


cara mencegah masuk angin

Masuk angin adalah menurunnya daya tahan tubuh dikarenakan suatu keadaan cuaca sekitar tubuh manusia yang dingin. Penyakit ini sering sekali diderita oleh orang, terutama di bulan-bulan yang udaranya dingin. Gejala masuk angin antara lain adalah meriang, tulang sendi terasa ngilu dan pegal-pegal, sering bersendawa, perut kembung atau bahkan diare. Jika sudah timbul gejala seperti ini, anda harus mengobatinya. Banyak obat masuk angin yang beredar, namun pilihlah yang menggunakan komposisi bahan herbal. Selain itu, istirahatlah setelah mengkonsumsi obat tersebut supaya anda kembali sehat dan nyaman.

Masuk angin sendiri dapat dihindari jika kita tahu apa saja yang menyebabkannya. Berikut adalah beberapa tips menghindari masuk angin, yaitu:

Tips menghindari masuk angin #1: Tidur yang cukup dan berkualitas.

Jika anda kekurangan tidur, maka daya tahan tubuh anda akan menjadi berkurang kekuatannya. Untuk itulah maka berbagai macam penyakit dapat dengan mudah menyerang sistem keamanan tubuh anda. Sebaiknya cukupkan tidur minimal 6 jam pada malam hari dan tambahan 1 jam pada siang hari. Pastikan kualitas tidur anda baik sehingga benar-benar memperbaiki sistem dalam tubuh anda.

Tips menghindari masuk angin #2: Menggunakan jaket saat udara dingin.

Jaket dapat melindungi anda dari udara dingin dan angin yang ada diluar. Selain menurunkan stamina, keadaan yang dingin dapat memicu lemahnya daya tahan tubuh. Apalagi angin dapat membawa berbakai macam bakteri dan virus. Mereka ini keberadaannya seringkali tidak kita sadari. Pastikan anda menggunakan tambahan kaos dalam supaya lebih mantap melindungi tubuh anda dari udara dingin.

Tips menghindari masuk angin #3: Makan tepat waktu.

Salah satu gejala masuk angin adalah perut kembung. Jika perut anda terisi makanan secara baik dan tepat waktu, maka resiko anda masuk angin dan perut kembung akan lebih kecil. Membiarkan perut kosong dalam waktu lama tidak baik untuk kesehatan anda. Jangan lupakan sarapan karena itu sangat penting sekali bagi kesehatan kita. Sarapan dapat membekali tubuh kita dengan energi yang cukup digunakan untuk aktivitas hingga tiba saatnya makan siang pada tengah hari. Makan pagi ini juga berfungsi menjaga kita dari masuk angin, terutama pada anak-anak.

Tips menghindari masuk angin #4: Menggunakan obat anti masuk angin

Sekarang ini sudah banyak obat-obatan yang bisa anda dapatkan di apotik dan warung-warung untuk mencegah dan mengatasi masuk angin. Obat ini bisa diminum terutama jika cuaca sedang dingin dan berangin, mengunjungi tempat yang dingin dan berangin atau dalam perjalanan menggunakan moda transportasi apapun. Pilihlah obat-obatan yang memiliki komposisi herbal seperti jamu supaya lebih sehat.

Selain itu obat masuk angin dapat dibuat sendiri dengan menggunakan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, kayu secang, cengkeh dan sirih yang diseduh dalam menggunakan air panas, lalu ditambahkan madu dan diminum ketika masih hangat.

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.