Pengertian Teori Partisipasi

Ridwan 14 July 2012 0


Pada artikel ini kita akan membicarakan mengenai pengertian teori partisipasi. Teori yang membicarakan mengenai proses keterlibatan individu dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kemasyarakatan disebut sebagai teori partisipasi. Ini terkait dengan peran individu sebagai makhluk sosial yang tidak dapat melepaskan diri dari keadaan di sekelilingnya. Pandangan dari beberapa ahli, sebuah proses keterlibatan diri seseorang secara penuh pada sebuah tekad yang disepakati bersama adalah sebuah definisi partisipasi dari sudut pandang beberapa ahli. Teori partisipasi dapat pula diartikan sebagai sebuah hubungan antara masyarakat dengan sistem kekuasaan dalam proses pembangunan yang berkorelasi setara. Kondisi yang menguntungkan kedua belah pihak yang saling berinteraksi bisa juga terhubung dengan partisipasi. Semakin banyak manfaat yang diperoleh dari proses interaksi tersebut, maka akan semakin kuat relasi diantaranya.

Pengertian Teori Partisipasi

Manusia dalam hidup pasti memiliki kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi oleh dirinya sendiri. Kebutuhan tersebut seringkali ada supaya manusia dapat hidup dengan normal. Di sisi lain manusia juga memiliki keinginan yang akan mereka usahakan demi mendapatkan kepuasan ketika berhasil meraihnya. Keinginan manusia bisa tak terhingga sehingga apabila tercapai satu, maka ia akan menginginkan yang lain. Sehingga untuk ini manusia perlu berada dalam kelompok untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan diri pribadi maupun keluarganya. Dalam proses inilah manusia akan terlibat dalam proses yang disebut partisipasi.

Partisipasi digolongkan menjadi dua jenis, yakni partisipasi sosial dan partisipasi politik. Keterlibatan seseorang dalam kehidupan sosial merupakan jenis partisipasi sosial. Dijelaskan oleh George Achiller bahwa partisipasi sosial adalah suatu proses keterlibatan orang secara sukarela dalam organisasi dimana ia melibatkan dirinya dengan beberapa jenis individu dan kegiatan yang dilakukan secara rutin. Sedangankan partisipasi politik adalah aktivitas warga negara yang dilakukan atas nama pribadi yang ditujukan untuk mempengaruhi proses pembuatan keputusan oleh penguasa. Partisipasi politik bisa bersifat individu atau kolektif tergantung situasi dan kondisinya. Partisipasi politik seringkali diwujudkan melalui proses pemberian suara dalam pemilihan umum, ikut serta dalam kampanye atau menjadi anggota partai politik. Jadi bisa diartikan bahwa partisipasi politik adalah keterlibatan masyarakat dalam aktivitas yang dilakukan kelompok pada kehidupan sosial dan politik.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa salah satu dasar manusia hidup berkelompok adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan pihak lain. Jika seseorang jarang melihat atau berbicara dengan pihak lain, maka ia akan sulit masuk ke dalam suatu kelompok. Selain itu ada dasar lain yang membuat seseorang masuk dalam sebuah kelompok yakni mobilitas untuk mencapai sebuah cita-cita. Mereka tertarik masuk ke sebuah kelompok karena memiliki masalah yang tidak bisa terselesaikan tanpa keterlibatan kelompok. Keterlibatan itu meliputi pemenuhan kebutuhan biologis seperti sandang, pangan dan papan dan sebagainya untuk mempertahankan hidup. Dengan berkelompok manusia mengharapkan mendapatkan keuntungan atas kontribusinya untuk menyempurnakan tujuan tertentu.

Semoga penjelasan mengenai pengertian teori bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kamu.

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.