Pengertian printer dan jenis-jenisnya

Ridwan 1 August 2012 2


Pengertian Printer

Pengertian printer adalah suatu alat yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan diatas media cetak seperti kertas atau kaos. Data ini dapat berupa tulisan dan gambar. Printer terus berkembang dari waktu ke waktu, baik dari teknologi maupun harganya. Untuk itu mereka yang menggunakan printer harus beradaptasi dengan perkembangan ini. Printer dalam bahasa indonesia berarti pencetak, dimana ini sering digunakan untuk menyebut alat cetak yang terhubung ke komputer. Saat ini, printer sudah menjadi menjadi perangkat tambahan yang dimiliki mayoritas orang yang memiliki komputer. Harganya yang semakin murah karena kompetisi dan teknologi yang dikembangkan oleh Epson, Canon dan Hewlett Packard (HP) membuat printer bisa dimiliki oleh siapa saja dengan harga yang relatif terjangkau. Jenis-jenis printer antara lain:

Jenis-Jenis Printer

Printer dot matrix

Jenis printer Dot Matrix adalah printer yang metode pencetakannya menggunakan pita karbon yang ditindas oleh jarum. Cetakan yang dihasilkan oleh dot matrix jika diperhatikan akan seperti banyak titik-titik yang saling terhubung dan membentuk sebuah huruf atau gambar. Oleh karena itu disebut sebagai dot matrix, dot berarti titik, matrix berarti kumpulan, yaitu kumpulan titik yang membentuk tulisan atau gambar. Printer dot matrix hanya dapat mencetak hitam putih, pada awal ditemukan menggunakan 9 pin atau 9 jarum untuk menghasilkan satu huruf. Hal ini menyebabkan hasil cetakan kurang halus. Kemudian printer jenis ini berkembang menggunakan 24 pin yang menghasilkan cetakan lebih halus. Printer ini sudah jarang digunakan, namun masih ada, terutama yang menginginkan cetakan cepat pada gulungan kertas. Contoh printer ini adalah produksi Epson seri LX-300 dan LX800.

printer dotmatrix

Printer Inkjet

Pengertian printer inkjet adalah jenis printer yang menggunakan tinta cair sebagai metode pencetakannya. Hasil cetak yang dihasilkan oleh jenis printer inkjet lebih bagus dan halus dibanding menggunakan dot matrix. Sistem yang digunakan oleh printer ini adalah dengan menyemprotkan titik-titik tinta melalui sebuah lubang yang disebut nozzle pada kertas sehingga membentuk pola tertentu yang sesuai dengan data, baik gambar maupun tulisan. Itulah kenapa disebut sebagai inkjet, ink berarti tinta, jet berarti semburan. Printer inkjet sudah mendukung pencetakan warna.  Karena menggunakan tinta cair, maka hasil cetakan harus ditunggu beberapa detik supaya tintanya kering.

printer inkjet

Printer laser jet

Pengertian printer laser adalah printer yang menggunakan tinta bubuk dan satu pencetak yang disebut drum sebagai metode pencetakannya. Tinta ini biasa disebut sebagai toner. Penggunaan kata laser sebenarnya kurang tepat karena pada faktanya printer ini menggunakan infra merah sebagai pembuat pola pada drum yang kemudian dilapisi toner yang jika dilewati oleh kertas akan membentuk pola data yang diinginkan. Inilah mengapa hasil cetakan printer laser seperti habis dimasak, kertasnya terasa panas, bahkan tidak jarang mengeluarkan asap tipis. Printer laser jet terkenal akan kecepatannya dikarenakan penulisan pola pada drum, penyemprotan toner dan pencetakan pada kertas dilakukan secara simultan dalam satu kali putaran drum.(iwan)

printer laser jet

Gambar Jenis-Jenis Printer

 

2 Comments »

  1. sigyt sc 17 November 2012 at 9:10 am -

    thanks ini membantu sekeli

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.