Pengertian Modem dan jenis-jenisnya

Ridwan 31 July 2012 1


Pengertian Modem

Kali ini kita akan membahas tentang pengertian Modem. Modem sebenarnya merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian dari suatu alat komunikasi yang menempelkan sinyal informasi pada sinyal pembawa atau carrier sehingga siap untuk ditransmisikan. Sedangkan Demodulator memiliki fungsi sebaliknya, yakni memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa untuk kemudian dibaca oleh perangkat penerjemah untuk diproses lebih lanjut. Modem itu sendiri memiliki keduanya, sehingga modem disebut sebagai alat komunikasi dua arah. Dua arah artinya memiliki kemampuan untuk menerima dan mengirim informasi, baik secara simultan maupun secara serial atau bergantian.

pengertian modem

Data atau sinyal komputer yang merupakan sinyal digital dirubah menjadi sinyal analog, sinyal analog tersebut lantas dikirimkan melalui media kabel atau nirkabel. Setibanya di tujuan, sinyal analog tadi akan diubah lagi menjadi sinyal digital dan diproses lebih lanjut oleh komputer. Umumnya perangkat komunikasi jarak jauh dua arah pasti memiliki perangkat yang dinamakan “modem” seperti VSAT, Radio Microwave, ADSL, Dial Up dan lian sebagainya. Namun oleh masyarakat awam, modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang digunakan untuk berkoneksi internet atau sebagai alat komunikasi di komputer. Ini memang benar adanya, modem memang digunakan komputer untuk saling berkomunikasi. Salah satunya yang paling sering digunakan saat ini adalah Modem GSM atau Modem CDMA yang saat ini sedang naik daun.

Jenis -jenis Modem

Menurut fisiknya, modem dibagi menjadi dua bagian, yakni modem internal dan modem eksternal. Pengertian modem internal adalah modem yang secara fisik telah menjadi bagian dari komputer itu sendiri, umumnya disertakan oleh pembuat komputer atau laptop sebagai fitur tambahan, jadi tidak terlihat dari luar.  Sedangkan pengertian modem eksternal adalah perangkat keras berupa modem yang ditambahkan oleh pengguna, yang umumnya dibeli secara terpisah sehingga dapat dilihat dari luar. Sedangkan jenis-jenis modem antara lain:

  • Modem analog yakni modem yang digunakan sebagai koneksi dial-up (masih ingat telkomnet@instan?)
  • Modem ADSL, ini adalah versi pembaruan modem analog (speedy menggunakan ini).
  • Modem kabel adalah modem yang digunakan oleh penyedia layanan TV kabel yang merubah sinyal analog menjadi gambar dan suara. Terkadang ada juga yang bisa digunakan untuk berinternet, tergantung dari penyedia layanannya.
  • Modem CDMA, modem yang menggunakan protokol komunikasi CDMA, yang merupakan protokol standar telepon seluler dengan protokol data EVDO.
  • Modem GSM, modem yang menggunakan protokol  komunikasi GSM, yang merupakan protokol standar telepon seluler dengan protokol data HSDPA.
  • Modem VSAT, modem yang digunakan untuk berhubungan dengan satelit, dimana perangkat ini banyak digunakan di daerah yang minim infrastruktur komunikasi.
  • Modem Fiber Optik, yakni modem yang bertugas mengubah sinyal cahaya yang ditransmisikan melalui kabel serat kaca menjadi data digital dan sebaliknya.

Gambar Jenis-Jenis Modem

Demikian pengertian modem dan jenis-jenis modem yang kita bahas hari ini, semoga anda mendapatkan pencerahan tentang modem dari tulisan ini. (iwan)

 

One Comment »

  1. kecee 19 October 2012 at 9:38 am -

    o aja dah …

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.