Pengertian sistem operasi beserta contohnya

Ridwan 31 July 2012 1


Pengertian sistem operasi

Sistem operasi atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai operating sistem adalah sebuah perangkat lunak pada sistem komputer yang bertugas untuk melakukan kontrol dan pengaturan kepada perangkat keras dan melakukan operasi-operasai dasar sistem yang telah ditentukan. Sistem operasi adalah lingkungan dimana kita menjalankan software aplikasi seperti menjalankan pengolah kata dan browser. Sistem operasi adalah lapisan pertama yang ada di memori komputer pada saat dinyalakan dan software lainnya dijalankan setelah sistem operasi selesai dijalankan. Hal ini dikarenakan hanya sistem operasi yang bisa melakukan layanan umum inti seperti akses ke media penyimpanan, manajemen memori, pekerjaan terjadwal dan antar muka pengguna.

Sistem operasi pada umumnya terdiri dari beberapa bagian, diantaranya:

  • Boot Mechanism yakni peletakan kernel ke dalam memori, kernel sendiri adalah inti dari sistem operasi.
  • Shell atau command intepreter adalah suatu program yang membaca input pengguna dan menyediakan fungsi-fungsi standar. Contoh shell adalah Command Prompt pada Windows dan Bash/Konsole di mesin Linux atau UNIX.
  • Driver yang digunakan untuk berinteraksi dengan hardware dan juga mengontrol kinerjanya.
  • Resource Allocator yakni bagian yang bertugas mengalokasikan sumber daya yang dimiliki komputer.

Contoh sistem operasi

Contoh sistem operasi yang ada di dunia adalah diantaranya:

Microsoft Windows

sistem operasi microsoft windows

Sistem operasi ini sudah cukup terkenal, bahkan pembaca artikel ini pun kemungkinan besar menggunakan sistem operasi Windows. Awalnya Windows berasal dari DOS, yaitu sebuah sistem operasi yang berbasis teks dan command line intepreter. Versi awal Windows adalah Windows Graphic Environment 1.0 yang merupakan perangkat lunak yang bekerja pada prosesor 16 bit dan sistem yang berjalan diatas DOS sehingga untuk berjalan dibutuhkan adanya DOS. DOS sendiri dibuat oleh Seattle Computer Products yang kemudian diakusisi oleh Microsoft dan DOS diganti nama MS-DOS. Selanjutnya ada Windows 2.0, 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan yang terbaru Windows 8. Semuanya dibuat untuk mengikuti tuntutan teknologi yang terbenam pada perangkat keras yang semakin maju.

Sistem operasi UNIX

sistem operasi unix

UNIX adalah sistem operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie yang dikembangkan di AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi tasking dan multi user. Sistem operasi ini lebih menekankan kepada kinerja daripada keindahan dan kemudahan, sehingga cocok untuk workstation dan server. Faktor inilah yang menyebabkan UNIX tidak berkembang di masyarakat umum. Namun UNIX adalah sistem operasi yang relatif aman dari serangan tangan-tangan jahil.

Sistem operasi Linux

sistem operasi linux distro

Linux pertama kali dikembangkan Linus Torvalds sebagai sebuah proyek kecil yang mengemulasikan terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloning dari MINIX, salah satu varian UNIX. Alasan dari Torvalds membuat UNIX waktu itu adalah ia tidak mempunyai dana yang cukup untuk membeli Lisensi UNIX yang harganya bisa mencapai ribuan dolar. Namun ternyata proyek iseng itu sekarang menjadi besar dan berkembang yang didukung ribuan orang pekerja lepas sukarela di seluruh dunia yang dipimpin oleh Torvalds sendiri melalui Linux Foundation. Sistem operasi ini berkembang menjadi beberapa varian yang dimiliki oleh banyak perusahaan seperti Ubuntu, Fedore, Mint, dan sebagainya. Semuanya tersedia secara gratis dan bisa digunakan semaunya.

 

One Comment »

    Leave A Response »

    You must be logged in to post a comment.