Cara merawat rambut panjang agar sehat dan Indah

Ridwan 28 July 2012 0



 

Cara merawat rambut panjang

Rambut adalah mahkota yang indah bagi wanita. Rambut panjang terurai dan terawat rapi dapat membuat jatuh cinta pria yang melihatnya. Apalagi jika rambut tersebut halus, mengembang dan berkilau seperti batu pualam. Model rambut panjang adalah sebuah warisan kuno, dimana wanita mempertahankan sisi kecantikan dengan cara tampil natural. Tampil natural sebenarnya tidak hanya berambut panjang, tapi juga yang lainnya, seperti make up tips dan juga perawatan kulit menggunakan bahan-bahan alami.

cara merawat rambut panjang

Namun rambut adalah bagian tubuh yang memang gampang-gampang susah merawatnya, terutama jika cukup panjang. Rambut panjang yang tidak dirawat dapat mengundang kutu dan hewan parasit lainnya. Rambut panjang juga lebih berisiko terkena rambut bercabang, ketombe bahkan bisul. Kendala yang dihadapi dalam merawat rambut panjang diantaranya adalah tidak adanya waktu yang bisa diluangkan. Mencuci rambut yang panjang saja tidak secepat mencuci rambut pendek. Selain itu setelah dicuci, jangan dipakai keluar dulu karena justru akan mudah menyerap debu.

Selain itu biaya yang diperlukan juga lumayan lebih besar dibanding rambut pendek. Misalnya sampo untuk keramas saja membutuhkan lebih banyak dan itu artinya lebih cepat habis dan harus beli lagi. Kendala yang lainnya adalah tidak tahu cara merawat karena, padahal sebenarnya itu bisa dipelajari dari orang lain atau mempelajarinya dari buku, majalah dan internet. Cara perawatan rambut panjang dengan resep tradisional warisan leluhur sangat disarankan. Hal ini dikarenakan bahan alami tidak mengandung bahan yang berbahaya untuk rambut. Sampo terkadang jika tidak cocok akan menimbulkan gatal dan rambut rontok. Sedangkan ramuan tradisional sangat jarang yang menimbulkan efek  samping seperti itu.

Merawat rambut panjang dengan ramuan tradisional

  • Minyak cem-ceman adalah minyak yang digunakan untuk merawat rambut, terutama yang rambutnya kering dan rontol. Minyak cem-ceman dapat menyuburkan rambut dan membuatnya lembab serta berkilau. Minyak ini dihasilkan dari rebusan kelapa murni bersama daun nilam, bunga kenanga dan pandan sehingga baunya menjadi harum. Gunakan minyak ini pada rambut anda dengan sedikit ditekan-tekan pada kulit kepala. Biarkan selama 1-3 jam dan cuci/keramas hingga bersih.
  • Lidah buaya, kita bisa mengambil manfaat lidah buaya untuk menebalkan rambut yang tipis dan mengurangi rambut rontok. Caranya adalah mengambil dua batang lidah buaya ukuran sedang lalu potong kedua sisi yang berduri. Kupas punggung lidah buaya lalu oleskan bagian yang sudah dikupas ke seluruh permukaan kulit kepala. Diamkan beberapa puluh menit lalu cuci hingga bersih dan dikeringkan. merawat rambut dengan lidah buaya
  • Sampo merang merupakan alternatif pencuci rambut yang alami. Merang atau batang padi yang kering lalu dibakar hingga menjadi arang berwarna hitam. Setelah dingin lalu dihancurkan dengan air, diaduk-aduk lalu disaring. Setelah itu gunakan airnya untuk mencuci rambut. Ratakan lalu diamkan beberapa saat, setelah itu dicuci hingga bersih dan dikeringkan secara alami, jangan menggunakan hair dryer.

cara merawat rambut panjang juga dapat dilakukan dari dalam tubuh, yakni dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin A dan C seperti tomat dan wortel. Keduanya dapat dikombinasikan sebagai jus yang diminum pada pagi dan sore hari. Antioksidan pada keduanya dapat membantu memelihara rambut, termasuk memulihkan rambut yang kusam dan rontok sehingga nampak sehat dan berkilau. (iwan)

 

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.