Manfaat berjemur di pagi dan sore hari bagi kesehatan

Ridwan 8 January 2013 1


Manfaat berjemur bagi kesehatan

Manfaat berjemur bagi kesehatan

Beruntung bagi kamu yang bisa mengawali aktifitas pagi dengan paparan matahari. karena memang paparan matahari pagi dan sore memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Bagi yang aktifitasnya sering di tempat yang tertutup, dan tidak ada waktu untuk terkena paparan matahari. Luangkan waktu sekiar 5 – 10 menit untuk berjemur di bawah sinar matahari, demi mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh kamu.

Manfaat berjemur bagi kesehatan

Meskipun terlihat sepele dan sederhana, namun berjemur di pagi atau disore hari memiliki manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata, khususnya dalam menyuplai vitamin D bagi tubuh kita. Dengan aktifitas berjemur di bawah matahari memungkinan Provitamin D yang ada di bawah kulit dapat diubah dengan mudah menjadi Vitamin D tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Vitamin D yang dihasilkan dari paparan sinar matahari dapat membantu penyerapan kalsium yang bermanfaat untuk kepadatan tulang dan kekuatan gerakan otot.   Dengan vitamin D yang tercukupi dapat menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Selain itu Vitamin D  juga turut memperbaiki sistem pernapasan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan manfaat berjemur di bawah matahari lebih dari itu. Berdasarkan hasil penemuan seorang ilmuan di Australia, baru baru ini diketahui bahwa paparan sinar matahari dapat juga melindungi kulit dari kerusakan DNA, bahkan, resiko kerukakan DNA bisa diturunkan sampai setengahnya.

Munculnya efek penuaan dini dan bintik-bintik hitam di wajah merupakan beberapa contoh dari kerusakan DNA pada kulit. Dengan melakukan aktifitas berjemur, memungkinkan vitamin D akan terbentuk pada jaringan kulit serta bisa mencegah efek yang timbul dari kerusakan DNA.

Berdarkan informasi dari Times of India, Menurut hasil studi lain ditemukan juga bahwa jika kekurangan paparan sinar dapat mengurangi vitamin D subtansial yang ada pada tubuh. Jika hal itu terjadi makan tubuh kita akan mudah terserang penyakit. Penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker payudara, multiple sklerosis, diabetes, penyakit jantung, depresi juga berkaitan dengan kekurangan vitamin D.

Berapa lama dan Kapan waktu yang tepat untuk berjemur

Waktu yang tepat untuk berjemur agar mendapatkan vitamin d yang baik bagi tubuh adalah ketika pagi atau sore hari. Pada saat pancaran sinar matahari tidak terlalu menyengat di kulit. Untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari ini hanya perlu waktu sekitar 5 – 10 menit. Namun ketika musim hujan, dianjurkan untuk berjemur lebih lama lagi yaitu sekitar 10 – 30 menit setiap hari. Sementara itu bagi yang memiliki kulit warna gelap dianjurkan lebih lama lagi, yaitu sekitar 15 – 60 menit setiap harinya.

Melihat manfaat berjemur sangat besar bagi kesehatan tubuh kita, sudah sewarjarnya kita meluangkan waktu untuk berjemur, apalagi matahari sampai saat ini masih terus gratis. Namun jangan lupa, sebagai manusia yang beradap, ketika berjemur gunakan pakaian yang sopan. Berjemur tidak harus telentang menggunakan pakaian dalam seperti orang eropa. Tapi dapat juga ketika sambil aktifitas jalan kaki, menyapu halaman dan lain-lain dengan menggunakan pakaian yang sopan. Selamat berjemur.

 

One Comment »

  1. Cara Mengobati Kelenjar Tiroid 16 January 2013 at 2:36 pm -

    makasih infonya bermanfaat sekali,,,

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.