Mengenal ikan sidat dan manfaatnya bagi manusia

Ridwan 23 July 2012 0



ikan sidat

Ikan sidat tidak terlalu terkenal di Indonesia juga di beberapa belahan dunia lainnya. Namun di negara maju seperti Jepang, China, Korea dan Eropa, ikan ini terkenal dan dikonsumsi sebagai salah satu sumber makanan sehat. Ikan ini adalah ikan air tawar yang mirip dengan belut sawah, memiliki tekstur licin dan berlendir. Panjang ikan ini lebih antara 50 hingga 125 sentimeter. Di Indonesia, ikan ini hidup di sungai-sungai di pulau besar seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Ikan ini adalah ikan nocturnal, mencari makanan pada malam hari dan tidak menyukai cahaya terang.

Ikan ini adalah salah satu famili dari Anguillidae dengan nama latin Angulla sp. Ikan ini memiliki manfaat yang besar. Kandungan vitamin A dalam hati ikan ini adalah sebesar 15.000 IU/100 gram. Ikan ini juga memiliki kandungan DHA dan EPA masing-masing 1.377 mg/100 gram dan 742 mg/100 gram. Omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak juga ada di dalam ikan ini. Protein yang tinggi ini dapat membantu orang dalam hal memori otak dan mencegah kepikunan. Omega 3 juga memperkuat mental dan membantu manusia untuk berkonsentrasi. Kandungan Omega 3 dalam ikan sidat ini bahkan lebih besar dibanding ikan Salmon. Ikan ini ternyata dapat membantu menyembuhkan orang yang menderita gangguan fungsi otak seperti schzophrenia dan manic depressif. Konsumsi ikan ini secara rutin dapat mengurangi kedua penyakit yang melibatkan otak tersebut.

Daging ikan sidat memang berasa nikmat dan harum dapat mengobati depresi ringan hingga berat. Depresi adalah tekanan pada otak yang disebabkan oleh orang yang terlalu banyak pekerjaan atau terlalu banyak pikiran. Masalah atau pekerjaan yang tak terselesaikan akan membuat orang merasa tertekan. Penyakit akan timbul jika perasaan tertekan ini dipelihara terus menerus. Dengan mengkonsumsi ikan sidat, tubuh anda akan menjadi lebih sehat, kolesterol berkurang, peredaran darah lancar dan lebih tenang karena asupan gizi ke otak normal. Ikan ini mengandung mikronutrien yang tinggi, yakni vitamin B1 dan B2 yang berfungsi dalam mengatur sistem syaraf.

manfaat ikan sidat

Saat ini, ikan sidat sudah banyak dibudidayakan oleh para peternak ikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan pangsa pasar ikan Sidat yang sangat luas dan permintaan yang terus meningkat. Ikan yang mengandung anti-oksidan tinggi ini juga termasuk mahal harganya sehingga sangat prospektif dari kacamata bisnis. Namun membudidayakan ikan ini juga gampang-gampang susah karena habitat aslinya tidak sama dengan kolam. Suhu dan cahaya harus diperhatikan pada 29 derajat celsius serta menambahkan eceng gondok sebagai penghalang cahaya. Tingkat pH air harus diatur pada 7-8,5 saja, jika kurang atau lebih dapat mengakibatkan budidaya menjadi gagal. Memang tampak susah, namun jika sudah menuai hasilnya, rasanya susah itu tidak menjadi masalah. (iwan)

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.