Pemanfaatan TIK di dalam dunia pendidikan

Ridwan 29 November 2012 0


TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan teknologi yang melengkapi hampir semua sektor dan mendorong kemajuannya. Salah satu sektor yang sangat diuntungkan dengan adanya TIK adalah pendidikan. Peranan TIK di dalam pendidikan sangat signifikan terlihat dalam kehidupan sehari-hari kita. Dibawah ini adalah beberapa manfaat TIK dalam dunia pendidikan yang dapat kita saksikan dan rasakan sendiri.

Distribusi hasil penelitian

Bagian dari TIK yang sangat berperan di dalam distribusi hasil penelitian adalah Internet. Saat ini internet telah banyak dipakai sebagai sumber informasi dalam menunjang kegiatan pendidikan. Internet dimanfaatkan untuk berbagi hasil penelitian dari seluruh dunia sehingga dalam bentuk jurnal, makalah, paper dan lain sebagainya. Hal ini membuat dunia pendidikan lebih maju karena informasi cepat beredar membuat orang tidak lagi melakukan penelitian yang sama. Dengan demikian maka ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di tataran universitas menjadi lebih maju. Selain itu, hasil penelitian yang dilakukan seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain untuk melakukan penelitian lanjutan yang lebih maju. pemanfaatan tik dunia pendidikan

Konsultasi dengan pakar

Internet juga dapat digunakan sebagai media untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi dengan orang yang lebih berpengetahuan tinggi atau para pakar. Hal ini menyebabkan jarak dan ruang bukan lagi halangan dalam memperoleh informasi yang akurat. Sebagai contoh adalah seorang mahasiswa yang tengah melakukan penelitian di pedalaman Sumatera dapat melakukan konsultasi dengan dosennya yang berada di Jawa dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi berupa chatting, email atau video conference.

Pengawasan keamanan lembaga pendidikan

Dengan teknologi CCTV dan wireless, bisa dilakukan pengamanan terhadap seluruh aset sekolah atau kampus sehingga mengurangi kerugian yang mungkin timbul. Selain itu dengan adanya rekaman dari CCTV akan mudah menyelesaikan masalah yang ditimbulkan oleh siswa atau mahasiswa dengan keputusan yang akurat dan tidak bersifat berat sebelah. Selain itu CCTV juga akan mendorong orang untuk lebih bersikap baik karena merasa diawasi. Pemasangan CCTV di dalam ruang kelas akan meminimalisir kecurangan, terutama dalam ujian nasional.

Perpustakaan online

Dengan teknologi internet dan WWW, perpustakaan dapat dibentuk dalam digital. Umumnya perpustakaan online ini dalam bentuk PDF. Dengan adanya perpustakaan online, seorang siswa dapat mengakses sumber ilmu pengetahuan dengan mudah tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Selain itu juga meminimalisir kerusakan dan perawatan dari buku-buku yang ada.

Pengawasan kedisiplinan siswa

Dengan absensi elektronik maka siswa akan lebih mudah terkontrol. Saat ini biaya pembangunan perangkat tersebut sangat terjangkau. Dipadukan dengan sistem SMS autoreply, maka orangtua dapat memeriksa keberadaan anaknya apakah benar di sekolah atau tidak. Dengan demikian tidak ada siswa yang membolos tanpa sepengetahuan orang tua.

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.