Pengertian dari Teknologi Informasi dan Komunikasi

Ridwan 27 November 2012 2


Pengertian Teknologi Informasi

Suatu sistem yang mencakup seluruh perangkat teknis dalam memproses dan menyampaikan segala macam informasi adalah merupakan pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi. Dalam teknologi informasi dan komunikasi, ada dua aspek mendasar yang sebenarnya sedikit berbeda satu sama lain, yakni mengenai teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Pengertian teknologi informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan, manipulasi dan pengelolaan informasi sebagai suatu alat bantu. Sedangkan pengertian teknologi komunikasi itu sendiri adalah segala hal yang berkaitan dengan kegunaan perangkat untuk memproses dan memindahkan informasi berupa data, suara dan video dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya. pengertian teknologi informasi

Dari penjelasan pengertian teknologi informasi dan teknologi komunikasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa keduanya merupakan suatu konsep yang tidak dapat terpisahkan begitu saja. Pengertian teknologi informasi dan komunikasi secara luas adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan manipulasi, proses, kelolaan dan pemindahan informasi yang terjadi dari satu media ke media yang lain. Istilah ini muncul setelah adanya perpaduan komputer dengan teknologi perangkat keras maupun perangkat lunak yang lain, yang berhubungan dengan perpindahan informasi dan komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan teknologi ini berkembang sangat pesat melebihi bidang lain hanya dalam waktu kurang dari 1 abad.

Bahkan teknologi inilah yang menunjang berkembangnya teknologi yang lain. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, maka teknologi pada aspek lainnya akan menjadi semakin pesat. Sebagai contoh adalah teknologi transportasi dalam bidang penerbangan. Tanpa adanya sistem komputerisasi yang melibatkan radar, sistem komunikasi tersandi dan fly by wire, maka tidak akan mungkin sebuah bandara dapat mendaratkan pesawat dengan jeda kurang dari 30 menit. Di bandara-bandara sibuk di dunia, lalu lintas penerbangan bisa terjadi 5 menit sekali ada pesawat yang mendarat dan terbang. Contoh lain yang dapat anda lihat dari perkembangan ini adalah internet, telepon seluler dan media lainnya yang digunakan untuk menyampaikan informasi.

Manfaat belajar teknologi informasi

Manfaat dari mempelajari teknologi informasi dan komunikasi antara lain sebagai berikut:

  • Menyadari bahwa potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi akan terus terjadi seiring dengan perkembangan jaman. Hal ini dapat memotivasi diri untuk terus melakukan evaluasi untuk mempelajari teknologi ini dan terus belajar.
  • Kemampuan diri dapat termotivasi untuk terus maju dan mengantisipasi perkembangan teknologi ini yang sangat pesat sekali. Dengan ini maka dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih mandiri dan percaya diri.
  • Mengembangkan kompetensi dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung kegiatan rutin sehari-hari.
  • Mengembangkan kemampuan dalam belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi sehingga proses pembelajaran dapat terselenggara dengan lebih optimal dan efisien.
  • Mengembangkan kebiasaan belajar mandiri, inovatif dan kreatif serta penggunaan teknologi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Demikian adalah pengertian teknologi informasi dan komunikasi serta manfaatnya. Semoga bermanfaat. (iwan)

 

2 Comments »

  1. ardinda real 15 April 2013 at 7:51 pm -

    sangat mendukung;……………………………;-D

  2. ardinda real 15 April 2013 at 7:53 pm -

    sangat mendukung;…………..;-D yyyyy

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.