Mengenal Pengertian integritas dan pentingnya bagi perusahaan

Ridwan 22 July 2012 1


Arti Pengertian Integritas

Sering kita mendengar kata Integritas, namun sedikit dari kita yang tahu secara pasti apa maksud dari integritas itu. Tak jarang banyak orang yang membuka kamus untuk mencari tahu arti integritas itu. Pada dasarnya integritas memiliki makna yang beragam yang bisa disesuaikan dengan masalah yang kita angkat. Pada masalah yang berkaitan dengan pribadi atau karakter seseorang, integritas didefinisikan sebagai cara untuk mengenali maupun mengetahui kemampuan diri. Integritas bisa diartikan sebagai teknik untuk menilai kemampuan seseorang. Yang membedakan integritas dengan yang lainnya adalah kemampuan memperbaiki diri itu berasal dari diri sendiri, bukan dari luar, sehingga dibutuhkan pemahaman yang lebih terhadap diri kita sendiri.
pengertian integritas adalah
Seorang yang memiliki integritas bisa menjalankan sesuatu dengan baik, memperbaiki kesalahan dan mampu mengubah dirinya. Upaya pengenalan diri sendiri tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kehidupan. Seseorang yang tidak mengetahui kondisi kehidupannya dan kemampuannya tidak akan mungkin bisa mengubah hidupnya sendiri. Jika tidak bisa mengubah hidupnya sendiri, tidak akan mungkin pula dapat mengubah orang lain. Jika seseorang tidak memiliki integritas, maka yang ada dalam dirinya hanya kebimbangan dan rasa tidak percaya diri. Meskipun tidak ada orang yang sempurna dalam hidup ini, namun seseorang harus berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam hidupnya.

Jika kita menilik kembali arti integritas di dalam kamus, kita akan menemukan bahwa integritas juga merupakan suatu misi atau tujuan bersama untuk tumbuh dan berkembang. Integritas diharapakan untuk menimbulkan tujuan bersama untuk mencapai hal yang dicita-citakan. Seperti dalam sebuah perusahaan, integritas sangat penting dilakukan. Tanpa adanya integritas maka orang akan malas melakukan apa yang menjadi tugasnya karena mereka melakukan semua hal karena terpaksa, bukan keluar dari dalam hati nurani mereka. Jika ketiadaan integritas pada individu benar-benar terjadi, maka usaha individu dalam meningkatkkan tujuan perusahaan akan sulit tercapai.

Pasti yang ada mereka hanya bekerja ketika diawasi oleh pimpinan. Jika pimpinan tidak melihat, mereka akan bekerja seenaknya. Keengganan bekerja serius ketika tidak ada yang mengawasi ini terjadi karena segala yang mereka lakukan adalah terpaksa, bukan dari hati nurani mereka. Dalam hal ini kita tidak hanya melihat dari kaca mata karyawan yang bekerja keras untuk mengabdikan diri pada perusahaan, tetapi lebih pada integritas dalam satu upaya mewujudukan misi bersama. Keadaan seperti ini sebenarnya merugikan karyawan sendiri karena jika perusahaan rugi akibat pekerjaan mereka kurang baik, mereka juga akan menanggung akibatnya.

Untuk itu keberadaan integritas sangat penting keberadaannya. Pemimpin yang baik dan bisa memberikan teladan dan juga anak buah yang sadar posisi dan tugas menjadi penting dalam sebuah organisasi. Seperti satu tubuh yang bergerak bersama dalam fungsi yang berbeda, maka sebuah perusahaan akan bisa maju. Semoga penjelasan mengenai arti atau pengertian integritas di atas mudah dimengerti dan bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuanmu.

 

One Comment »

    Leave A Response »

    You must be logged in to post a comment.