Ketahui apa saja Mata Pencaharian suku Dayak

Ridwan 3 November 2012 0



suku dayak

Mata pencaharian adalah suatu upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari pada suatu kelompok masyarakat. Mata pencaharian masyarakat pada umumnya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Demikian juga dengan yang terjadi pada mata pencaharian suku Dayak yang berada di Kalimantan. Mata pencaharian mereka dipengaruhi oleh faktor geografis yang berkaitan dengan tempat tinggal, latar belakang pendidikan, sosial dan kepercayaan. Secara umum, mata pencaharian masyarakat suku Dayak adalah bertani, berburu dan bekerja di pemerintahan.

Mata pencaharian #1: Bertani

Pada jaman dulu, sejak sebelum pendidikan formal masuk ke pemukiman Dayak yang ada di dalam hutan, kebanyakan masyarakat Dayak memiliki mata pencaharian sebagai petani yang menggarap lahan yang ada di sekitar tempat tinggal mereka. Tidak seperti masyarakat petani suku Jawa yang menanam padi di Sawah, suku Dayak menanami kebun mereka dengan jenis padi Gogo yang bisa tumbuh di lahan kurang air dan juga tanaman seperti singkong, ubi jalar dan pisang. Kondisi tanah di Kalimantan memiliki lapisan humus tipis dan berjenis tanah gambut, maka lahan perkebununan suku Dayak mudah sekali kehilangan kesuburan. Cara meningkatkan kesuburan adalah dengan membakar lahan dan membuka lahan baru. Namun semenjak mengerti cara pertanian modern, sistem ladang berpindah dan juga membakar hutan ini sudah ditinggalkan karena dapat merusak lingkungan.

Mata pencaharian #2: Berburu hewan

Kegiatan ini biasanya dilakukan setelah masa tanam, yakni saat menunggu panen dari kebun mereka. Mata pencaharian suku Dayak pedalaman ini biasanya berburu di hutan dan mencari ikan di Sungai. Hewan yang sering menjadi tangkapan mereka dan menjadi makanan sehari-hari adalah babi hutan, unggas dan hewan yang bisa ditangkap lainnya. Dengan masuknya pendidikan formal di kalangan suku Dayak, banyak dari mereka yang meninggalkan pola berburu menjadi pola beternak. Umumnya ternak mereka adalah babi karena sangat mudah mencari makanannya. Babi adalah bahan makanan dan juga merupakan binatang yang sering digunakan dalam upacara adat tradisional suku Dayak. Selain itu juga ada ayam yang diternak secara bebas, tanpa diberikan kandang.

Mata pencaharian #3: Pegawai

Banyak putra suku Dayak yang berhasil menempuh pendidikan hingga tingkat yang paling tinggi sehingga merubah pola mata pencaharian suku Dayak. Banyak dari generasi baru suku Dayak ini yang kemudian menjadi pegawai negeri, karyawan di perusahaan swasta atau BUMN bahkan menjadi pejabat di pemerintahan. Selain itu banyak juga yang kemudian kembali di tanah kelahirannya untuk menjadi guru, kepala desa, bidan atau tenaga medis lainnya. Mereka membagi ilmu dari bangku sekolah dan menularkannya pada saudara yang berada di pedalaman.

Demkian adalah ulasan kami tentang mata pencaharian suku dayak. Semoga bermanfaat. (iwan)

 

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.