Berbagai macam Alat-alat dapur modern masa kini

Ridwan 31 October 2012 0


Peralatan dapur modern

Senjata penting bagi ibu-ibu dan orang yang suka memasak adalah alat-alat dapur. Alat-alat dapur ini tentu saja digunakan untuk memudahkan proses mengolah bahan makanan menjadi makanan bergizi bagi keluarga. Meskipun alat-alat dapur dibawah ini adalah alat-alat domestik yang sering kita jumpai, namun seringkali banyak wanita yang awam dengan nama, bentuk dan fungsinya. Jadi, mari kita bahas satu persatu.

Alat-alat dapur #1: Pisau dapur

Mungkin semua orang kenal dengan pisau, setidaknya pernah memegang atau melihatnya. Baik pecinta kuliner maupun bukan, pasti akan mengenal benda yang terbuat dari besi berbentu pipih panjang ini. Kegunaannya memang untuk memotong bahan makanan. Akan tetapi, dalam dunia kuliner terdapat banyak jenis pisau dapur. Jenis tersebut dilihat dari bentuk, ukuran dan fungsinya. Dari bentuk mata pisaunya, ada beberapa jenis pisau yang kita kenal, yakni sebagai berikut:

pisau dapur

  1. Vegetable knife atau pisau sayur, yakni pisau yang memiliki mata pisau yang rata. Umumnya ini digunakan untuk memotong atau mengupas sayur.
  2. Salmon knife yakni pisau yang memiliki mata pisau dengan bentuk berulir atau bergerigi. Umumnya digunakan untuk memotong daging, baik sapi, kambing, ikan dan lain sebagainya.

Setidaknya ada dua belas jenis pisau dalam satu set pisau dapur. Masing-masing pisau tersebut memiliki fungsi tersendiri, mulai dari yang terkecil untuk melakukan fillet terhadap daging hingga yang terbesar untuk memotong daging beserta tulangnya.

Alat-alat dapur #1: Penyaringan

Penyaringan adalah suatu alat dapur yang berfungsi menyaring atau meniriskan bahan makanan yang akan atau sudah dimasak. Alat penyaringan juga memiliki banyak ragam dari bentuk dan namanya, yakni sebagai berikut:

penyaringan

  1. Chinois adalah saringan yang berfungsi untuk menyaring sup, kaldu dan sasus. Saringan ini sangat halus karena memang hasil yang dibutuhkan harus halus.
  2. Canical strainer adalah alat saringan yang digunakan untuk sesuatu yang lebih kasar, misalnya santan, perasan jeruk dan kunyit.
  3. Bowl strainer atau biasa disebut noodle strainer adalah saringan yang berfungsi untuk meniriskan mie setelh direbus hingga masak.

Alat-alat dapur #1: Sendok

Semua orang pasti mengenal sendok sebagai alat makan. Namun sebenarnya sendok adalah sebutan secara generik. Sendok yang kita gunakan untuk makan adalah sendok makan. Masih ada sendok-sendok yang lain berdasarkan bentuk dan fungsinya, yakni:

sendok

  1. Sendok yang berfungsi untuk menyendok makanan penutup
  2. Sendok untuk jenis makanan pembuka
  3. Sendok untuk jenis makanan yang berkuah dan lain sebagainya

Alat-alat dapur #1: Oven

Oven adalah peralatan dapur yang difungsikan sebagai pemanggang makanan dengan panas yang berasal dari berbagai sisi (umumnya atas dan bawah, namun juga sering ada yang dari empat sisi). Oven ini juga memiliki dua jenis, yakni menggunakan energi listrik, gas atau pemanasan api biasa.

Demikian adalah peralatan dapur yang dapat kami bahas disini. Semoga bermanfaat.

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.