Kegunaan dan tata cara senam kegel untuk pria

Ridwan 21 July 2012 2


Manfaat senam kegel untuk pria

Senam kegel adalah senam yang bertujuan untuk mengencangkan otot di bagian alat vital. Umumnya senam kegel dilakukan oleh wanita untuk mengencangkan otot panggul dan fagina setelah melahirkan. Namun senam kegel sebenarnya boleh juga dilakukan oleh pria. Memang senam kegel pria tidak begitu menarik dibandingkan senam kegel untuk wanita. Senam kegel pria dilakukan untuk mengencangkan otot pubococcygeus (PC) yang berfungsi untuk mengatur proses urinisasi. Selain mengatur proses urinisasi, otot PC juga berperan dalam proses ejakulasi saat berhubungan seksual. Senam kegel pada pria dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan multiorgasme atau durasi yang lebih lama dalam berhubungan seksual. Dengan kata lain senam kegel dapat digunakan untuk mengatasi resiko ejakulasi dini.

cara senam kegel untuk pria

Cara senam kegel untuk pria

Otot yang dilatih dalam senam kegel terletak diantara kemaluan atau pubic dan tulang ekor. Anda dapat mengetahui letak otot ini ketika sedang buang air kecil. Tahan sebentar urin anda supaya tidak keluar. Saat anda menahan urin ini anda pasti merasakan keberadaan otot PC atau kegel ini. Selain yang sudah disebutkan diatas, senam kegel juga dapat mengatasi gejala peradangan prostat. Langkah senam kegel

  1. Langkah menahan kencing. Langkah pertama pada senam kegel pria adalah menahan proses pengeluaran urin atau menahan kencing. Lakukan gerakan otot seolah anda menahan kencing dalam 8 hingga 10 hitungan. Dalam menahan kencing, bernafas tidak boleh ditahan, harus tetap normal. Jika nafas ditahan saat melakukan kegel, maka latihan anda akan sia-sia.
  2. Istirahat selama 10-20 detik setelah melakukan peregangan. Anda harus membiarkan otot kegel dalam keadaan normal seperti biasa.

Lakukan itu secara berulang-ulang dengan variasi dalam gerakan otot kegel. Misalnya anda melakukan kontraksi otot kegel kuat namun hitungan pendek 5-7 hitungan dan sebagainya. Jangan menahan nafas saat anda melakukan kontraksi otot kegel. Usahakan juga otot paha dan pantat anda dalam keadaan rileks. Yang perlu diingat adalah cukup otot kegel saja yang bekerja, jangan yang lainnya. Latihan ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak banyak orang yang menyadari manfaat senam kegel. Disamping karena ilmu yang kurang juga karena malas. Padahal senam kegel ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, meskipun sebaiknya dilakukan pada saat keadaan sedang tenang menjelang tidur. (iwan)

 

2 Comments »

  1. Nirwan Kusuma 27 February 2013 at 6:04 am -

    Ketika kita melakukan gerakan otot kita tidak bisa kalo kita juga tidak menahan nafas, saya sudah coba berkali kali tapi ketika saya melakukan gerakan dan kemudian bernafas maka gerakan menahan itu akan kendur atau lepas… mohon tekniknya secara terperinci supaya saya dapat mempraktekkan secara benar dan memperoleh hasil yang maksimal terimakasih..

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.