Mengenal alat-alat musik dari Sunda

Ridwan 21 July 2012 0


Diantara alat musik di Nusantara, alat musik Jawa dan Sunda adalah yang paling populer. Terutama alat musik Sunda yang sering digunakan dalam menghasilkan musik kontemporer. Selain alat-alat ini dijaga kelestariannya, pembuatannya pun juga mudah. Alat musik ini juga mudah dipadukan dengan alat musik tradisional maupun modern. Berikut adalah alat musik tradisional Sunda yang sering digunakan oleh pemusik Sunda di daerah Jawa Barat.

Alat musik Sunda

Angklung alat musik sunda

gambar alat musik angklung dari sunda

Angklung

Yang pertama adalah Angklung yang merupakan alat musik tradisional dari bambu. Alat musik ini sempat menghebohkan nusantara karena sempat diklaim sebagai milik negara tetangga Malaysia. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan menggoyangkannya hingga terjadi benturan antara badan pipa bambu sehingga menghasilkan getaran yang menjadi bunyi yang harmoni. Alat musik ini terbuat dari bambu putih atau awi temen dan bambu hitam atau awi wulung yang dibentuk menjadi tabung sebagai ruas yang berbeda-beda dari besar hingga kecil. Yang terkecil merupakan nada tinggi, sedangkan yang terbesar merupakan nada rendah. Konon sejarahnya angklung dimainkan untuk menarik perhatian Dewi Padi supaya turun ke bumi dan menyuburkan tanaman padi. Saat ini angklung sudah terkenal, bukan hanya di Indonesia tapi hingga manca negara.

calung alat musik sunda

gambar calung alat musik dari sunda

Calung

Yang kedua adalah Calung. Calung mirip dengan angklung, terdiri dari beberapa ruas yang berbeda-beda besarnya dan menghasilkan nada yang berbeda tiap ruas. Perbedaannya adalah pada cara memainkannya. Jika angklung digoyangkan, maka calung harus ditabuh atau dipukul menggunakan alat pukul yang didesain khusus. Bambu yang dibuat untuk calung sama seperti bambu yang digunakan untuk membuat angklung. Calung dapat dimainkan sendiri atau bersama dengan angklung dan alat musik lainnya sebagai pengatur nada atau vokal.

Karinding alat musik sunda

gambar Karinding alat musik dari sunda

Karinding

Yang ketiga adalah Karinding yang merupakan alat musik tiup. Alat musik tradisional Sunda ini sudah ada sejak abad 15. Alat musik ini sangat kecil, hanya berukuran 10×2 cm yang terbuat dari bambu atau pelepah Enau atau dalam bahasa Sunda disebu Kawung. Berbeda dengan alat musik lainnya yang digunakan sebagai ritual kepada Sang Pencipta, alat musik ini digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis. Tidak hanya dibutuhkan keahlian khusus untuk memainkan alat musik ini, namun juga kepekaan rasa dari dalam hati. Suara yang dihasilkan mirip sekali dengan suara serangga, sangat unik dan menarik sehingga membuat orang penasaran. Suara masing-masing karinding bisa berbeda karena tergantung dengan rongga mulut peniupnya.

Sebenarnya masih banyak alat musik Sunda yang lain, diantaranya Kacapi yang merupakan alat musik petik. Alat-alat ini perlu dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda, tidak hanya fisiknya namun juga semangat, sejarah dan cara memainkannya. Pelestarian ini bisa dengan berbagai macam bentuk, salah satunya adalah dengan mengkombinasikan alat musik tradisional ini dengan alat musik modern. (iwan)

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.