Ketahui Apa saja Makanan bayi pada umur 3 bulan

Ridwan 11 October 2012 0


Makanan bayi pada umur 3 bulan

Merawat bayi memang bukan hal yang mudah bagi para ibu. Namun harus dilakukan sebagai wujud kasih sayang dan rasa syukur atas anugrah yang telah diberikan oleh Tuhan. Bayi yang dilahirkan hingga usia 4 bulan pencernaanya masih belum berkembang sempurna. Oleh karena itu, tidak boleh diberi makanan padat. Makanan bayi yang terbaik pada usia 3 bulan yang paling utama tentu saja adalah ASI eksklusif. Namun bisa saja dikarenakan suatu hal seorang itu tidak dapat memberikan ASI. Jangan berkecil hati, jika memang terpaksa, anda dapat memberkan susu formula untuk bayi anda. Namun sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

Makanan bayi pada umur 3 bulan

Untuk ibu yang bisa memberikan ASI eksklusif, ada beberapa tanda bahwa ASI yang anda berikan cukup, yakni:

  1. Payudara akan terasa lembut setelah menyusui karena kandungan ASI sudah berkurang banyak
  2. Setelah menyusui, bayi akan terlihat lebih santai dan tenang
  3. Berat badan bayi terus bertambah sesuai dengan umurnya

Dalam beberapa hari pertama menyusu, bayi masih mengkonsumsi kolostrum yang pekat sehingga ia hanya membasahi popok satu atau dua kali dalam sehari. Namun saat ASI sudah lancar maka bayi akan membasahi popok lebih dari enam kali dalam satu hari. Bayi akan buang air besar paling tidak tiga kali sehari pada bulan pertama. Pada bulan berikutnya frekuensi ini akan menurun hingga mencapai usia 6 bulan, pada saat bayi sudah mulai diberi makanan padat.

Pola dalam memberi ASI Eksklusif

Waktu menyusui tidak dapat dipastikan, sangat bervariasi. Hal ini dikarenakan ada bayi yang suka menyusu sepanjang waktu tidak hanya untuk asupan makanan namun juga untuk mendapatkan kenyamanan. Sedangkan ada juga bayi yang hanya menyusu ketika lapar saja. Pada usia tiga bulan, pada umumnya bayi akan menyusu ASI eksklusif sebanyak tujuh hingga delapan kali setiap harinya. Untuk ibu yang biasa memompa ASI untuk diberikan pada bayi dari botol, anda perlu mengetahui kecukupan jumlahnya untuk bayi. Kebutuhan bayi berusia satu hingga enam bulan adalah sekitar 75 ml hingga 90 ml. Tentu saja dikalikan sebanyak bayi menyusu, yakni sekitar enam hingga tujuh kali. Namun perlu diingat bahwa ini hanya pedoman dasar. Jangan menahan bayi anda jika masih tampak lapar. Biarkan saja mereka menyusu sepuasnya.

Memberikan susu formula pada bayi

Dalam memberikan susu formula, hal yang perlu diperhatikan adalah mempelajari isyarat lapar dari bayi. Bayi kebanyakan lebih lapar dari biasanya pada masa transisi pertumbuhan pada hari kesepuluh hingga ke empat belas setelah lahir serta pada minggu ke tiga, keenam, tiga bulan dan enam bulan. Maka dari itu, pemberian susu formula pada bayi berusia tiga bulan kemungkinan besar meningkat. Takaran praktis yang digunakan untuk menentukan banyaknya susu formula yang diberikan pada bayi adalah sekitar 150 ml per kilogram berat badan bayi setiap hari. Jadi bila bayi anda memiliki berat 3 kilogram, maka susu formula yang diberikan sekitar 450 ml tiap harinya. Namun selain itu, umur bayi juga memiliki pengaruh dalam pemberian susu formula. Seiring dengan bertambahnya umur, maka volume perut bayi membesar. Hal ini akan membuat bayi minum banyak dalam satu kali minum namun memiliki frekuensi yang berkurang. Tentu saja yang terpenting dari pemberian susu formula ini adalah selalu membaca petunjuk pada kemasan susu formula yang anda pakai.

Demikian adalah bahasan kami mengenai makanan bayi pada usia tiga bulan. Semoga bermanfaat. (iwan)

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.