Memahami Masalah sosial dan nilai sosial dalam masyarakat

Ridwan 9 October 2012 0


Masalah sosial adalah suatu keadaan yang membuat masyarakat dalam kondisi tidak nyaman. Unsur-unsur kebudayaan yang ada dalam masyarakat secara langsung dapat berakibat pada munculnya masalah dalam kehidupan sosial. Perdebatan antara satu dengan yang lainnnya, apakah itu antara individu atau antar kelompok pasti terjadi dalam masyarakat. Dengan terjadinya konflik dan bentrok antar masyarakat ini, maka hubungan sosial tidak akan berjalan baik dan bisa menyebabkan gangguan dalam kehidupan sosial. Terjadinya masalah sosial dikarenakan pemahaman yang berbeda dalam menyikapi suatu hal. Oleh karena itu masalah sosial ditetapkan oleh lembaga yang berwenang khusus seperti tokoh masyarakat, organisasi masyarakat dan lain sebagainya. Masalah kehidupan sosial bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah faktor:

  1. Ekonomi
  2. Biologis
  3. Budaya
  4. Psikologi

Masing-masing faktor atau gabungan dari beberapa faktor tersebut bisa menjadi pemicu munculnya masalah sosial. Oleh karena itu dibutuhkan suatu badan berwenang yang dapat menyelesaikan masalah sosial tersebut tanpa adanya keberpihakan. Solusi untuk setiap bidang sosial tentu saja berbeda.

Masalah sosial dan nilai sosial dalam masyarakat

Pengertian nilai sosial

Sedangkan pengertian nilai sosial adalah penilaian mengenai masalah yang dianggap baik atau buruk oleh masyarakat. Dalam penilaiannya, masyarakat menggunakan common sense dengan melakukan proses secara musyawarah untuk melakukan pertimbangan. Hal ini memang sangat dipengaruhi kebudayaan apa yang dianut oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu setiap kelompok masyarakat memiliki nilai sosial yang bisa saja sama atau berbeda dengan kelompok lainnya. Nilai sosial inilah yang biasanya menyebabkan masalah sosial.

Ciri-ciri nilai sosial adalah antara lain sebagai berikut:

  • Terdapat interaksi antar masyarakat
  • Terdapat sosialisasi dalam masyarakat
  • Bisa dikatakan sebagai kebutuhan dan kepuasan sosial bagi manusia penganutnya
  • Terdapat perbedaan budaya antara satu sama lain
  • Memiliki pengaruh pada perkembangan sosial masyarakat
  • Otomatis karena memiliki pengaruh, maka memiliki kekuasaan dalam masyarakat
  • Memiliki kaitan antara satu dengan lainnya

Nilai dominan dalam kehidupan sosial

Nilai dominan adalah nilai sosial yang dianggap paling penting daripada nilai sosial lainnya. Nilai dominan ini memiliki dasar seperti yang disebutkan di bawah ini:

  1. Terjadi perubahan pada bidang ekonomi, hukum, politik dan sosial mengarah ke lebih baik dari sebelumnya
  2. Nilai yang ada diikuti oleh sebagian besar masyarakat tersebut
  3. Bergantung pada tinggi rendah pendapatan yang didapat oleh nilai tersebut
  4. Menganut nilai-nilai dominan tersebut menimbulkan kebanggaan bagi penganutnya

Sebuah nilai dominan bisa menjadi kepribadian yang mendarah daging, yakni suatu tindakan yang sudah tertanam sejak kecil. Sehingga ketika nilai ini tidak dikerjakan, maka seseorang akan malu dan merasa bersalah. Sebagai contoh adalah seorang pria yang belum bisa menafkahi keluarganya atau yang tidak bertanggung jawab. Nilai ini menjadi landasan bagi manusia untuk mengembangkan motivasi sosial untuk mengatasi masalah sosial dengan pandangan yang dilihat dari nilai material, nilai vital dan nilai kerohanian. (iwan)

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.