Langkah-langkah menginstall Windows XP

Ridwan 5 October 2012 0


Menginstall Windows XP

Windows XP memang sistem operasi yang paling bertahan lama di Indonesia setelah Windows 98. Meskipun sudah ada penggantinya yakni Windows Vista dan Windows 7, Windows XP masih diminati oleh banyak pengguna komputer di tanah air, terutama yang memiliki hardware berkapasitas kecil atau menjalankan program yang hanya kompatibel dengan Windows XP. Dibawah ini adalah cara menginstall Windows XP yang dapat anda praktikkan dirumah.

Tahapan menginstal windows XP

Langkah-langkah menginstall Windows XP

Langkah pertama menginstall Windows XP adalah menyiapkan komputer anda dalam mode yang siap dilakukan instalasi. Kosongkan harddisk dengan membackup-nya ke tempat lain jika sebelumnya ada datanya, karena cara yang terbaik menginstall Windows XP adalah dalam keadaan kosong. Siapkan juga CD Windows XP original yang dapat anda beli di toko software. Saat ini Windows XP dijual sangat murah karena sudah ada penggantinya dan sudah akan dihentikan dukungannya. Siapkan juga CD driver Motherboard atau CD driver laptop anda supaya hardware anda nanti dapat dikenali oleh Windows XP. Namun perlu diingat, hampir semua laptop seri terbaru, buatan diatas tahun 2010 tidak dapat diinstall Windows XP karena drivernya tidak tersedia.

Langkah kedua menginstall Windows XP adalah menghidupkan komputer lalu lakukan pengaturan BIOS pada bagian prioritas booting untuk menempatkan CD/DVD-ROM anda sebagai perangkat pertama. Untuk cara mengatur BIOS bisa berbeda pada masing merek Motherboard atau Laptop. Sedangkan untuk cara masuknya bisa menekan tombol F1, F2 atau DEL tergantung pada jenis BIOS yang digunakan. Sebelum keluar dari BIOS, masukkan CD Windows XP ke CD/DVD ROM anda. Setelah keluar dari BIOS, komputer anda akan booting pada media CD Windows dengan menampilkan tulisan “press any key to boot from CD”, lalu tekan saja sembarang tombol supaya proses booting CD dimulai. Aksi ini berupa serangkaian otomatis instalasi yang berupa pengecekan hardware pada komputer anda. Biarkan saja semua berproses hingga muncul layar yang berjudul “Welcome to setup”.

Langkah ketiga menginstall Windows XP adalah menekan tombol ENTER untuk melakukan aksi instalasi. Jika anda menekan tombol R, maka sistem akan melakukan repair pada sistem Windows XP yang telah ada sebelumnya. Jangan tekan tombol F3 karena akan membuat anda keluar dari proses instalasi. Setelah anda menekan ENTER, maka instalasi akan dilanjutkan dengan halaman END USER LICENSE AGREEMENT, disitu tertulis segala macam aturan penggunaan Windows XP. Anda bisa membaca atau melewatkannya, yang terpenting adalah menekan tombol F8 untuk mengatakan “SAYA SETUJU”. Setelah itu, Windows XP akan membaca partisi di harddisk anda dan akan memunculkannya di layar.

Langkah keempat menginstall Windows XP adalah membuat partisi jika anda memiliki harddisk yang besar. pastikan anda memisahkan partisi sistem dan data anda. Jika harddisk anda kosong, maka hanya akan muncul satu baris saja yang bertuliskan “Unpartitioned Space”, tekan tombol C lalu tuliskan kapasitas partisi yang ingin anda berikan pada sistem. Windows XP berjalan ideal pada ruang kosong sebesar 10 GB. Sebagai contoh, jika anda menginginkan 10 GB, anda harus menuliskannya 10000, bukan hanya 10 saja. Hal ini dikarenakan satuan kapasitas yang ditampilkan adalah dalam MB yang mana 1 GB sama dengan 1024 MB.

Langkah kelima menginstall Windows XP adalah dengan meneruskan langkah membuat partisi sebelumnya. Setelah anda membuat partisi dengan menekan tombol C dan memasukkan nilai kapasitas partisi, anda dapat menekan enter. Langkah selanjutnya adalah memilih partisi yang telah anda buat dengan kapasitas 10 GB (biasanya paling atas) lalu tekan ENTER. Maka akan muncul beberapa macam pilihan untuk melakukan instalasi. Pilih “Format the partition using the NTFS system (Quick) lalu tekan ENTER hingga muncul layar yang menginformasikan bahwa partisi anda sedang diformat. Lalu langkah selanjutnya adalah anda tidak perlu ikut campur karena secara otomatis Windows Setup akan menyalin file-file yang diperlukan ke dalam partisi sistem baru tersebut untuk keperluan selanjutnya.

Langkah kelima menginstall Windows XO adalah menunggu komputer melakukan booting ulang setelah sebelumnya selesai menyalin file-file sistem ke dalam harddisk. Jangan sentuh tombol apapun saat komputer melakukan booting dari CD dan muncul tulisan “press any key to boot from CD”, maka komputer anda akan otomatis booting dari harddisk yang telah terisi instalasi Windows XP. Loading Windows akan muncul dan proses instalasi akan dimulai. Anda dapat menunggu dengan santai tanpa melakukan apapun, bisa sambil ngopi, sms atau makan cemilan, atau anda bisa ke toilet jika kebelet. Jika muncul dialog box pertama, klik saja tombol Next hingga muncul gambar kembali.

Langkah keenam menginstall Windows XP adalah mengisi nama dan organisasi anda, itu terserah pada anda lalu selanjutnya tekan Next. Lalu anda akan diminta memasukkan serial number yang ada pada kemasan CD Windows anda. Jangan sampai salah karena akan membuat anda mengulangnya lagi. Setelah diterima, klik Next akan muncul layar administrator yang dapat diisi dengan nama apa saja, namun yang penting anda ingat lalu klik Next. Langkah selanjutnya adalah setting jam, tanggal dan zona waktu (time zone) tempat dimana anda tinggal dan anda bisa menunggu lagi Windows XP sedang menjalankan segala sesuatu secara otomatis.

Langkah ketujuh menginstall Windows XP adalah setelah menunggu beberapa lama, maka anda akan diminta mengisi Workgroup dan computer domain. Untuk workgroup dan domain, sesuaikan dengan tempat dimana jaringan anda terhubung. Jika komputer anda berdiri sendiri, maka biarkan saja isinya seperti itu, pilih radio button paling atas dan klik Next. Setelah itu akan muncul layar Display Setting, klik OK saja maka otomatis Windows XP akan mendeteksi resolusi optimal untuk layar anda. Klik OK saja setelah itu. Disini langkah menginstall Windows XP sudah hampir selesai karena kita tinggal menunggu loading pada sistem operasi baru kita. Ketika anda masuk ke Windows pertama kalinya, anda akan dibawa masuk ke sebuah layar, klik Next saja, lalu muncul layar “Help Protect Your PC, pilih pada “Not Right Now” dan tekan Next kembali.

Langkah terakhir dalam menginstall Windows XP adalah pengecekan koneksi internet, pilih saja Yes dan tekan Next lagi. Pada layar aktivasi Windows, tekan Next, selanjutnya akan ada tampilan untuk menambahkan pengguna komputer, anda bisa menambahkan pengguna disini sesuai dengan yang menggunakan komputer yang diinstall. Jika anda saja yang menggunakannya, tambahkan satu pengguna saja. Setelah itu tekan Next dan Finnish. Pada bagian ini proses instalasi telah selesai. Anda sudah dapat melakukan instalasi Driver Motherboard supaya hardware anda dapat dikenali oleh Windows XP dengan baik.

Demikian cara menginstall Windows XP, memang tidak sederhana namun juga cukup mudah. Semoga bermanfaat.

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.