Cara membuat sabun susu kambing yang sehat

Ridwan 2 October 2012 0


Sebelumnya kita telah membahas manfaat sabun susu kambing yang terbukti memiliki nutrisi yang baik untuk kulit. Namun tentu saja kita boleh menduga bahwa produksi besar-besaran yang dilakukan di pabrik bisa jadi mengurangi kemurnian sabun yang dihasilkan dikarenakan dicampur dengan zat kimia tambahan yang bisa saja merugikan kulit. Oleh karena itu ada solusi supaya anda dapat membuat sabun sendiri dari susu kambing. Cara membuatnya memang tidak mudah, namun sangat sepadan dengan hasil yang didapatkan. Saat ini kita akan mencoba membuat sabun susu kambing yang dicampur dengan minyak alami sebagai pengaya kandungan sabun tersebut.

Cara membuat sabun susu kambing

cara membuat sabun susu kambing:

bahan yang disiapkan

Anda harus menyiapkan bahan-bahan ini:

  • Susu kambing beku sebanyak 20 ons
  • Minyak zaitun sebanyak 26,5 ons
  • Minyak biji kelapa sawit sebanyak 5,3 ons
  • Minyak dedak padi sebanyak 5,3 ons
  • Minyak kelapa sebanyak 5,3 ons
  • Shea butter sebanyak 5,3 ons
  • Minyak kelapa sawit sebanyak 2,65 ons
  • Minyak jarak sebanyak 2,65 ons
  • Minyak esensial kayu putih sebanyak 28 gram
  • Minyak esensial spermin sebanyak 52 gram
  • Alkali bubuk sebanyak 203 gram

Memang kebanyakan minyak diatas tidak mudah didapatkan, oleh karena itu anda boleh menggunakan minyak zaitun dan minyak kelapa saja. Bahan-bahan minyak diatas dimanfaatkan untuk memperkaya kandungan sabun.

Pembuatan larutan alkali dengan susu kambing

Siapkan air es satu mangkuk besar lalu sisihkan. Pada mangkuk yang lain, lelehkan susu kambing beku hingga seperti salju, jangan sampai encer di dalam mangkut. Benamkan mangkuk berisi susu kambing ke mangkuk berisi air es, namun jangan sampai tenggelam. Masukkan 1/10 bubuk alkali ke dalam susu tersebut lalu aduk-aduk. Pencampuran ini akan membuat suhu susu memanas, pastikan suhunya kurang dari 37 derajat selsius. Tambahkan alkali sedikit demi sedikit lalu diaduk terus. Hindari memasukkannya sekaligus karena akan menimbulkan panas yang berlebihan dan susu akan berubah warna menjadi jingga tua dan mengeluarkan bau tak sedap. Selalu tunggu suhu tidak lebih dari tetapan suhu diatas. Terus lakukan hal tersebut hingga semua susu dan alkali bubuk tercampur rata.

Mengolah minyak-minyak nabati

Campurkan semua minyak dalam resep dalam sebuah panci stainless steel dan masukkan sisa susu kambing yang belum dicampur alkali ke dalam panci tersebut. Panaskan diatas kompor dengan api kecil supaya minyaknya tidak terlalu panas. Pemanasan terus dilakukan sampai susu kambing dan minyak menyatu menjadi sebuah larutan.

Mencampur larutan alkali dan larutan minyak

Setelah kedua larutan jadi, dinginkan suhunya hingga mencapai 26 derajat celsius. Anda dapat melakukannya dengan merendam wadahnya dengan air es. Cek juga suhu larutan alkali yang harus dibawah 32 derajat celsius. Jika suhu kedua larutan sudah sama, maka dapat dicampurkan sedikit demi sedikit. Saat ini adonan sabun akan tampak putih kekuningan sehingga anda perlu menggunakan mixer atau blender untuk mengaduknya supaya rata. Aduk terus hingga warnanya menjadi lebih terang. Seharusnya lama kelamaan adonan anda mengental seperti puding. Aroma yang keluar adalah aroma wangi dari campuran berbagai minyak.

Melakukan pencetakan sabun

Setelah tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam cetakan. Gunakan cetakan berbahan akrilik sehingga adonan cepat beku. Hindari penggunaan cetakan kayu karena kayu menyerap panas dan sabun menjadi susah beku. Selain itu adonan bisa berubah warna sehingga menjadi buruk rupa. Letakkan cetakan dalam wadah yang berisi air es sehingga sekeliling cetakan dikelilingi es batu yang membuat suhu sabun tetap dingin. Diamkan selama dua puluh empat jam.

Setelah sabun membeku, anda ambil sabun tersebut dari cetakannya lalu potong-potong sesuai selera dengan menggunakan pisau atau pemotong khusus sabun. Simpan sabun dalam rak pengering selama 6-8 minggu. Hal ini dilakukan untuk menguapkan cairan yang ada dalam sabun susu kambing sehingga lebih awet. Setelah itu anda dapat menggunakan sabun tersebut sebagai sabun mandi. Semoga bermanfaat. (iwan)

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.