Fungsi Microwave sebagai perabot rumah tangga

Ridwan 28 September 2012 0


Microwave

Keberadaan microwave memang suatu hal yang masih asing bagi sebagain besar ibu rumah tangga di Indonesia. Microwave memang belum menjadi perabotan penting bagi rumah tangga di negara seperti Indonesia yang pola pikir ibu rumah tangganya masih cukup tradisional. Hal ini tentu saja berbeda dengan di negara lain yang sudah maju seperti Malaysia dan Singapura yang mana penggunaan Microwave ini sebagai perabotan yang wajib dimiliki setiap rumah tangga.

Fungsi Microwave

Fungsi utama microwave adalah untuk memasak makanan dengan cara dipanggang atau bake. Memanggang atau baking tentunya mengolah bahan makanan menjadi santapan yang siap saji. Hanya saja cara pengolahannya berbeda dengan cara memasak di atas kompor gas atau api. Microwave bentuknya lebih mirip seperti oven. Desainnya kecil, tertutup sangat rapi dan modern sehingga lebih nyaman dan menarik untuk dipakai. Microwave menggunakan tenaga listrik dan memiliki banyak tombol yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Anda dapat meracik bahan makanan yang sesuai beserta bumbunya, lalu tinggal masukkan ke microwave, tekan tombol dan bisa anda tinggalkan untuk melakukan hal yang lain.

Pemaikaian microwave ini sebenarnya mengarah pada konsep dapur yang nyaman dan efisien dalam waktu memasak serta kebersihan dapur. Penggunaan microwave di dapur akan menjadikan memasak lebih mudah dan efisien. Disamping itu tidak menyebabkan dapur kotor dengan perabotan yang menumpuk. Dengan memasak menggunakan microwave, kita tidak terlalu banyak menggunakan perabotan. Selain itu, memasak menggunakan microwave juga dapat dilakukan dengan melakukan pekerjaan lain. Hal ini dikarenakan memasak dengan menggunakan microwave dapat diatur waktunya sehingga tidak takut jika gosong atau overcook.

Fungsi tombol-tombol pada microwave

Seperti diketahui diatas, kegunaan microwave adalah untuk memasak dengan metode memanggang. Dalam hal ini microwave memiliki banyak tombol yang dapat digunakan sesuai fungsi dan keperluannya. Fungsi tombol microwave ini merujuk pada microwave conventional yang memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Microwave bisa digunakan untuk melakukan defrost atau mencairkan sesuatu yang dibekukan di lemari es seperti misalnya ayam, olahan daging dan apa saja yang dibekukan. Anda bisa menaruhnya dalam wadah khusus microwave lalu meletakkannya ke dalam microwave dan menekan tombol start dan defrost. Jangan lupa untuk mengatur berapa lama waktu yang diperlukan untuk defrost. Pada buku panduan penggunaan microwave pasti ada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing bahan makanan.
  2. Makanan yang hangat memang lebih nikmat untuk disantap. Microwave bisa digunakan untuk menghangatkan makanan yang sudah dimasak. Dalam hal ini, menghangatkan makanan yang sudah siap santap yang sebelumnya disimpan di dalam lemari es atau tempat lain. Caranya adalah memasukkan makanan ke dalam wadah khusus microwave lalu menekan tombol start dan cook. Atur waktu tidak terlalu lama untuk menghangatkan makanan, 3-7 menit saja cukup.
  3. Memasak dengan cara memanggang tentu saja lebih sehat karena tidak menggunakan minyak. Cara memasaknya tentu saja disesuaikan dengan berbagai jenis resep masakan yang cara mengolahnya dipanggang atau anda dapat memodifikasi sendiri cara memasak sebuah resep. Microwave dapat melakukan penyelesaian dari masakan anda. Setelah anda masukkan semua bahan ke wadah khusus microwave anda dapat memasukkannya ke microwave lalu menekan tombol start dan cook. Anda bisa mengatur waktu antara 15 hingga 25 menit tergantung dari bahan yang akan anda masak dan bagaimana resepnya.

Memasak menggunakan microwave sangat praktis karena tinggal ramu, racik, panggang dan sajikan. Dalam proses memanggang tidak perlu ada pengawasan karena waktunya dapat diatur sesuai keinginan. Anda dapat melakukan hal yang lain. Yang perlu diperhatikan adalah pemakaian perabotan seperti wadah yang “microwave grade”, bukan sembarang wadah. Wadah yang tidak kompatibel dengan microwave dapat meleleh dan merusak microwave.  Harga microwave tersedia mulai dari harga satu jutaan, semakin banyak fitur dan kapasitas ruangnya harga akan semakin mahal. Konsumsi listrik microwave paling kecil adalah 400 watt. Konsumsi listrik yang cukup waw untuk ukuran keluarga menegah ke bawah. (iwan)

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.