5 Jenis Logam Yang Banyak Dipakai Oleh Manusia

Ridwan 16 September 2012 0


Jenis Logam barang tambang yang sering dipakai

Manusia membutuhkan peralatan untuk mendukung aktifitas hidup sehari-hari seperti memasak, menulis, membuat baju, mengendarai sepeda dan lain-lain. Alat-alat tersebut sebagain besar terbuat dari logam yang tahan lama sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat 5 macam logam yang banyak digunakan oleh manusia untuk membuat barang-barang. 5 logam tersebut yaitu:

Jenis Logam Yang Banyak Dipakai Oleh Manusia

Foto jenis-jenis logam

1. Aluminium

Aluminium mempunyai sifat tahan karat dan sangat ringan. Bijih aluminium disebut bauksit. Bauksit banyak dihasilkan dari Pulau Bintan dan wilayah Singkawang. Karena sifatnya yang sangat ringan, tidak mudah berkarat, mengkilap, penggunaannya praktis, dan mudah menghantarkan panas, maka logam aluminium digunakan untuk membuat perabotan dapur seperti rantang dan panci. Selain itu, aluminium juga digunakan dalam bahan baku pembuatan pesawat terbang.

gambar Aluminium logam

2. Besi

Besi adalah logam yang paling banyak digunakan oleh manusia. Penggunaan besi misalnya untuk kendaraan bermotor, jembatan, mesin jahit, mesin pabrik, dan alat-alat rumah tangga seperti pisau, gunting, sabit, dan lain-lain. Besi hasil tanur tinggi bila dicampur dengan karbon dan logam-logam lain bisa menjadi baja. Pabrik pengolahan besi baja terdapat di Cilegon, Banten. Baja yang tahan karat disebut stainless steel. Stainless steel terbuat dari campuran besi, nikel dan krom.
gambar besi

3. Emas

Emas termasuk ke dalam golongan logam mulia karena sifatnya yang tahan karat dan tidak bereaksi dengan asam. Emas digunakan untuk membuat macam-macam perhiasan, seperti gelang, cincin, kalung, piala, dan lain-lain. Lokasi penambangan emas terdapat di Cikotok, Banten, dan Rejang Lebong, Bengkulu. Kadar emas dinyatakan dalam karat. Emas murni berkadar 24 karat atau 100 persen. Untuk bisa dibuat perhiasan, emas harus dicampur dengan logam lain.

gambar emas

4. Tembaga

Tembaga merupakan jenis logam yang memiliki daya hantar panas yang baik. Oleh karena itu, tembaga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan masak, kawat listrik, kawat telepon, dan lain-lain. Tempat penghasil bijih tembaga adalah Tembagapura di pegunungan Jayawijaya, Papua. Tembaga termasuk logam lunak. Agar bisa menjadi keras maka tembaga harus diolah dengan mencampur logam lain.

gambar batu tembaga

5. Batu bara

Batu bara disebut juga sebagai arang batu. Batu bara berasal dari tumbuhan-tumbuhan rawa yang tertimbun oleh endapan tanah pada waktu jutaan tahun yang lalu. Karena terletak di dalam bumi, maka pengambilan batu bara dilakukan dengan cara penambangan. Cara menambang batu bara adalah dengan membuat terowongan-terowongan di dalam tanah. Para pekerja harus turun dengan lift hingga beratus-ratus meter ke dalam tanah.

gambar-batu-bara

Semoga informasi mengenai 5 jenis logam yang paling banyak digunakan oleh manusia ini bisa berguna untuk Anda.

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.