Pengertian topologi fisik jaringan komputer

Ridwan 15 September 2012 0


topologi fisik jaringan komputer

Pengertian topologi jaringan komputer adalah suatu pemetaan sistem atau susunan interkoneksi antara node dalam suatu jaringan, baik secara fisik maupun secara virtual. Topologi jaringan fisik menggambarkan metode yang digunakan untuk melakukan pengkabelan atau hubungan fisik antar node dalam suatu jaringan yang menghubungkan workstation dalam suatu jaringan. Menurut bentuknya, topologi jaringan fisik dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Topologi bus atau linear

Topologi bus merupakan topologi yang dipakai pada masa penggunaan kabel coaxial. Topologi ini memiliki sistem sambungan serial yang merupakan satu kabel memanjang yang masing-masing node terhubung pada kabel tersebut. Sistem ini adalah sistem yang paling sederhana, namun memiliki banyak kelemahan, yakni salah satunya adalah kecepatan transfer data yang tidak bisa ditingkatkan karena banyaknya waktu tunggu akibat satu kabel yang dipakai oleh banyak node. Saat ini, topologi jenis ini hanya dipakai dalam sistem kabel modem.

jaringan Topologi bus atau linear

  1. Topologi ring

Topologi ring ini adalah topologi yang data serta trafficnya disalurkan sedemikian rupa secara melingkar. Pada umumnya topologi ring menggunakan kabel serat kaca sebagai sarananya. Karakteristik topologi ini adalah lingkaran tertutup yang mana masing-masing node terhubung padanya. Topologi ini sederhana namun mahal karena memiliki kecepatan transfer yang tinggi menggunakan kabel serat kaca. Transmisi data pada ring bersifat satu arah. Sistem topologi ring dapat menggunakan topologi ring ganda yang masing-masing memiliki arah yang berbeda untuk mempercepat transfer data.

jaringan Topologi ring

  1. Topologi star

Topologi ini adalah topologi yang paling banyak digunakan di semua tempat di dunia karena kemudahannya dalam menambah, mengurangi dan mendeteksi kerusakan perangkat jaringan yanga da. Topologi ini memiliki karakteristik berupa adanya node central yang mana masing-masing node berkomunikasi dengan node tersebut. traffic data mengalir dari node ke node central dan sebaliknya menggunakan satu kabel yang terkoneksi langsung sehingga mudah dikembangkan. Selain itu jika ada node yang kabelnya terputus, maka node yang lain tidak akan terganggu.

jaringan tipologi star

  1. Topologi tree

Topologi tree atau berbentuk pohon merupakan gabungan dari ketiga node diatas. Sistem ini merupakan sistem yang biasa digunakan pada WAN atau Internet. Masing-masing topologi digunakan untuk kepentingan tertentu. Misalnya adalah topologi star digunakan dalam satu LAN, banyak komputer dalam satu tempat menggunakan topologi ini. Sedangkan koneksi antara node server atau router dalam satu WAN menggunakan topologi ring, bus atau star, tergantung dari koneksi yang digunakan. Sedangkan topologi ring banyak digunakan untuk backbone atau koneksi tulang punggung yang digunakan oleh penyedia jasa Internet.

Semua topologi diatas digunakan berdasarkan kebutuhan. Namun memang beberapa topologi sudah banyak ditinggalkan karena tidak lagi dikembangkan. Saat ini pengembangan berfokus pada topologi star yang memang memiliki banyak keuntungan. (iwan)

 

Leave A Response »

You must be logged in to post a comment.